Peneliti Ungkap Tanah Indonesia Lebih Unggul Dibanding Negara Lain di Asia

TrubusLife
Astri Sofyanti | Followers 0
06 Des 2018   16:00

Komentar
Peneliti Ungkap Tanah Indonesia Lebih Unggul Dibanding Negara Lain di Asia

Tanah subur, ilustrasi (Istimewa)

Trubus.id -- Peneliti Tanah dari Balai Besar Sumber Daya Lahan Pertanian (BBSDLP) Kementerian Pertanian Kusumo Nugroho mengungkapkan, tanah Indonesia memiliki keunggulan dibanding tanah-tanah di negara Asia Lainnya.

Menurutnya hal tersebut dikarenakan 10 dari 12 ordo tanah di dunia (berdasarkan taksonomi tanah yang diterbitkan oleh Amerika Serikat) ada di Indonesia.

“Di banding negara tropis lainnya, hanya Indonesia yang memiliki 10 dari 12 ordo tanah di dunia, Thailand dan Malaysia tidak punya sebanyak kita,” kata Kusumo di Bogor, Jawa Barat, baru-baru ini.

Baca Lainnya: Budidaya Secara Agroekologi Mampu Tingkatkan Kualitas Kopi

Lebih jauh pihaknya menjelaskan, dua ordo tanah yang tidak dimiliki Indonesia adalah ordo tanah gurun dan tanah kutub. Sementara, 10 ordo tanah yang ada di negeri ini antara lain tanah gambut (ordo organosol/histosol), tanah aluvial tsunami (ordo entisol), tanah hutan hitam (ordo mollisol).

“Tanah hutan hitam dari ordo mollisol kebanyakan berada di Rusia dan Kanada. Subur sekali tanahnya,” tambahnya.

Sebagai informasi, Indonesia memiliki tanah andosol (ordo andisol) yang banyak ditemukan di Jepang; tanah podsol (ordo spondosol); tanah grumosol (ordo vertisol), tanah mediteran (ordo alfisols); tanah podsolik (ordo ultisol), dan; tanah lateritik (ordo oxisols).

Baca Lainnya: China Sulap Gurun Tandus Jadi Lahan Pertanian Subur

“Sekitar 49 persen tanah di Indonesia adalah tanah podsolik dari ordo ultisols. Kebanyakan tanah ini dimanfaatkan untuk pertanian,” imbuhnya.

Menurutnya, banyaknya jenis tanah yang dimiliki Indonesia tidak hanya membuat negeri ini subur, tapi juga kaya akan keanekaragaman hayati, mulai dari ujung Sumatera hingga ke Papua.

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: