Selain Cuci Mata di Ponsel, Begini 5 Tren Perilaku Belanja Online Orang Indonesia 

TrubusLife
Ayu Setyowati | Followers 0
06 Des 2018   12:20

Komentar
Selain Cuci Mata di Ponsel, Begini 5 Tren Perilaku Belanja Online Orang Indonesia 

Belanja Online, ilustrasi (Istimewa)

Trubus.id -- Seiring perkembangan teknologi dan internet, banyak hal seakan beralih ke dunia maya. Mulai dari informasi, jual beli hingga transaksi. Belanja online pun sudah menjadi perilaku dan kebiasaan yang umum di masyarakat dunia, termasuk Indonesia. Menurut riset Google, di Indonesia sendiri bahkan sebanyak 81 juta dari total 100 juta internet user sudah bertransaksi secara daring (online). 

iPrice, penyedia layanan pembanding harga produk e-commerce, baru-baru ini merilis hasil studi mereka mengenai perilaku konsumen ketika berbelanja online di kawasan Asia Tenggara, dengan fokus di Indonesia. Berikut beberapa hasil risetnya seperti dilansir dari Tech in Asia. 

1. Cenderung belanja online di hari kerja 

Temuan iPrice menyebutkan bahwa konsumen di tanah air justru paling aktif berbelanja online di hari kerja, terutama pada siang hari. Dari keseluruhan sampel yang diteliti, puncak pemesanan barang paling populer adalah pada pukul 10.00 pagi hingga 17.00 - which is working time

Baca Lainnya: Angkat Produk Lokal, Harbolnas 2018 Targetkan Transaksi Rp7 Triliun

Pada periode kuartal ketiga 2016 hingga kuartal kedua 2017, jumlah pesanan pada pukul 11.00 rata-rata lebih tinggi 69 persen dibanding jam lainnya. Hingga pukul 16.00, e-commerce pun masih mendapatkan banyak pesanan, yakni saat orang-orang biasanya sedang pulang kerja. Yang menarik, iPrice melihat bahwa conversion rate alias rata-rata konsumen sampai pada proses checkout,  justru terjadi paling tinggi pada hari Rabu. Sementara di akhir pekan, conversion rate malah menurun sebanyak 30 persen.

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          

Buruk, Dampak Makanan Organik pada Perubahan Iklim

Karmin Winarta   Health & Beauty
Bagikan:          
Bagikan: