Sama-sama Miliki Banyak Kaki, Apa Sih Bedanya Kelabang dan Kaki Seribu?

TrubusLife
Ayu Setyowati | Followers 0
06 Des 2018   06:00

Komentar
Sama-sama Miliki Banyak Kaki, Apa Sih Bedanya Kelabang dan Kaki Seribu?

Perbedaan kelabang dan kaki seribu. (Fantastic Pest Control)

Trubus.id -- Kelabang (centipedes) dan kaki seribu (millipedes) berasal dari subfilum artropoda yang disebut myriapoda. Dalam bahasa Yunani, myriapoda berarti 'kaki yang tak terhitung jumlahnya'. Myriapod sendiri terbagi atas struktur tubuh dasar kepala dan tubuh tersegmentasi, atau batang, dengan banyak kaki.

Para ilmuwan memperkirakan bahwa ada sekitar 8.000 spesies kelabang dan 80.000 spesies kaki seribu. Keragaman kelabang dan kaki seribu mungkin tak jelas bagi para ahli, kata Hennen, karena banyak spesies artropoda ini hanya ditemukan dalam kisaran terbatas.

Perbedaan yang terlihat

Perilaku adalah salah satu cara termudah untuk mengetahui apakah makhluk berkaki banyak yang ditemukan di bawah batang kayu atau setumpuk daun yang mati adalah kelabang atau kaki seribu. "Jika segera lari, maka itu lipan. Jika meringkuk dan tetap tidak bergerak, biasanya itu kaki seribu," kata Derek Hennen, seorang entomolog dan mahasiswa doktoral di Virginia Tech. 

Perilaku ini mengisyaratkan gaya hidup umum dari kelabang dan kaki seribu. Kebanyakan kelabang adalah predator cepat yang biasanya memakan artropoda yang lebih kecil. Kaki seribu, di sisi lain, makan materi tanaman yang membusuk. Alih-alih menjauh lari dari predator, kaki seribu lebih memilih mengeluarkan bahan kimia yang beracun untuk mencegah makhluk yang ingin memakannya.

Posisi kaki juga dapat membantu identifikasi. Kaki kelabang biasanya melebar jauh dari tubuh, sementara kaki dari kaki seribu menunjuk ke bawah ke tanah. Banyak fitur pembeda lainnya yang memisahkan kedua kelompok invertebrata ini, tetapi sifat-sifat tersebut sulit untuk dilihat tanpa melihat lebih dekat, kata Hennen.

Kaki seribu termasuk dalam kelas diplopoda, yang dalam bahasa Latin berarti 'kaki ganda'. Namanya mengacu pada dua pasang kaki yang dimiliki oleh kaki pada setiap segmen tubuhnya. Sebaliknya, kelabang hanya memiliki sepasang kaki per segmen.

Sementara kelabang milik kelas chilopoda, yang berarti 'bibir kaki'. Namanya mengacu pada kaki yang dimodifikasi pada bagian tubuh pertama, yang terlihat seperti mulut dan berujung dengan cakar berbisa yang disebut forcipules.

Habitat

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          

Tukang Tidur, Ini 7 Hewan Termalas di Dunia

Ayu Setyowati   Pet & Animal
Bagikan:          
Bagikan: