Jagal Papua, Si Pemburu Handal yang Piawai Tirukan Kicau Burung Lain

TrubusLife
Syahroni | Followers 0
05 Des 2018   15:30

Komentar
Jagal Papua, Si Pemburu Handal yang Piawai Tirukan Kicau Burung Lain

Burung Jagal Papua (Cracticus cassicus). (Istimewa)

Trubus.id -- Indonesia memiliki tingkat keanekaragaman hayati yang sangat tinggi. Namun wilayah timur nusantara banyak disebut sebagai wilayah yang memiliki keanekaragaman hayati yang paling tinggi, khususnya untuk jenis burung. Pulau Papua contohnya. Di pulau ini, hidup bermacam-macam burung endemik. Tak hanya terkenal karena burung Cendrawasihnya, papua juga memiliki jenis burung lain yang sangat unik. Jagal Papua contohnya.

Yah, salah satu burung endemik yang terdapat di Papua adalah burung Jagal Papua (Cracticus cassicus). Nama burung ini mungkin masih asing di telinga. Pasalnya burung ini meski memiliki ocahan yang merdu, namun masih jarang terdengar pernah mengikuti kontes burung ocehan.

Ciri-ciri Burung Jagal Papua 

Kemudian untuk ciri-cirinya bisa dijelaskan bahwa warna dan corak pada bulunya hampir serupa dengan burung kacer. Yang mana berwarna hitam pada bagian kepala, tenggorokan, dan juga bagian dadanya.

Kemudian juga ada warna putih di bagian dadanya sampai ke bawah bagian ekornya dan punggung bagian atas tubuhnya. Ukuran tubuhnya cukup besar yaitu bisa sampai 30 cm dan paruhnya yang memiliki ukuran besar yang fungsinya untuk mengoyak dan menyayat tubuh mangsanya.

Perilaku Burung Jagal Papua

Pada saat di alam liar burung Jagal Papua gemar sekali berburu secara berkelompok yang terdiri dari 3 sampai 4 ekor atau lebih. Di mana burung Jagal Papua muda akan mengikuti burung Jagal Papua dewasa sewaktu mencari mangsanya.

Pada umumnya mangsa burung ini adalah serangga-serangga kecil seperti laba-laba, jangkrik, dan belalang. Selain itu juga burung Jagal Papua juga memangsa reptil kecil maupun sedang, katak, tikus dan burung-burung kecil.

Dan untuk memvariasikan jenis makanannya burung ini juga memakan buah-buahan yang banyak tumbuh di sekitar hutan yang ditempatinya.

Di wilyah Papua, pada umumnya burung Jagal Papua hidup di hutan hujan. Misalnya hutan yang dekat dengan bantaran sungai, rawa-rawa, tepian hutan, serta kebun milik warga sekitar yang dekat dari hutan.

Keunikan Burung Jagal Papua

Burung Jagal Papua terkenal karena kepandaiannya menirukan suara burung di sekitarnya. Bisa dikatakan jika kicauan dari burung Jagal Papua seperti suara terompet atau seruling yang dilagukan dengan menggunakan tempo yang cepat.

Bunyinya nada dari kicauannya terkadang bisa dipadukannya dengan menirukan suara burung lain yang didengarnya. Kemampuan yang bisa mengeluarkan dua suara dalam waktu yang bersamaan yaitu kemampuan unik yang tidak semua jenis burung dapat melakukannnya.

Dan pada waktu berkicau pada umumnya burung Jagal Papua menaik turunkan sayapnya yang menandakan mengenai keberadaannya pada penghuni hutan yang lain.

Musim Kawin

Musim kawin burung Jagal Papua ini sepanjang tahun yakni mulai dari Januari sampai Desember yang mana biasanya jumlah telurnya bisa mencapai 2 sampai 3 butir telor.

Sarang dari Jagal Papua biasanya terletak di atas pohon yang ketinggiannya sampai 25 meter. Bentuk sarangnya juga terlihat seperti mangkuk yang terbuat dari ranting pohon dan rerumputan kering. [RN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          

Tukang Tidur, Ini 7 Hewan Termalas di Dunia

Ayu Setyowati   Pet & Animal
Bagikan:          
Bagikan: