Inilah 7 Cara Mengatasi Perut Kembung Setelah Makan

TrubusLife
Ayu Setyowati | Followers 0
05 Des 2018   06:00

Komentar
Inilah 7 Cara Mengatasi Perut Kembung Setelah Makan

Ilustrasi perut kembung. (Pixabay/ derneuemann)

Trubus.id -- Menurut para ahli, makan setiap tiga atau empat jam akan membantu mengurangi nafsu makan, mencegah perut buncit dan mengurangi rasa kembung. Dengan mengubah beberapa hal tentang cara makan, Trubus Mania bisa dengan mudah menghindari kembung dan membuat perut lebih rata, menurut Reader's Digest.

1. Makan perlahan

"Anda cenderung menelan lebih banyak udara ketika makan dengan cepat yang dapat menyebabkan kembung," kata Alissa Rumsey, juru bicara untuk Akademi Nutrisi dan Diet di Amerika Serikat.

Baca Lainnya : Hindari Perut Buncit, Dengan 4 Menu Sarapan Ini 

Sistem pencernaan memiliki kecepatannya sendiri untuk bisa memproses makanan. Dimulai dari esofagus mengirim makanan ke perut, lalu perut menggiling makanan sampai berapa lama asam lambung melarutkan nutrisi untuk dikirim ke darah.

Menurut juru bicara lain dari Akademi Nutrisi dan Diet, Jessica Crandall, makan perlahan dengan meletakkan peralatan makan di antara gigitan atau menghitung hingga 20 sebelum menelan adalah salah satu caranya. Secara umum, otak manusia memerlukan waktu antara 20 hingga 30 menit untuk menyadari berapa banyak makanan di dalam perut dan memberi isyarat kenyang.

2. Minum banyak air

Foto: Medical News Today.

“Banyak orang menahan diri untuk minum lebih banyak air jika mereka kembung. Padahal sebenarnya, mereka membutuhkan minum lebih banyak air sepanjang hari,” kata Torey Armul dari Academy of Nutrition and Dietetics.

Merupakan tips umum bagi siapa saja yang ingin beralih ke diet lebih sehat. Namun, tetap terhidrasi sangat penting. Bagaimana pun, air dapat membantu seseorang merasa kenyang dan penting untuk menetralisir garam yang mungkin banyak dikonsumsi.

"Air putih membantu mengembalikan keseimbangan cairan," jelas Torey.

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          

Buruk, Dampak Makanan Organik pada Perubahan Iklim

Karmin Winarta   Health & Beauty
Bagikan:          
Bagikan: