Ini Cara Merawat Tanaman Udara, Harus Spesifik

TrubusLife
Ayu Setyowati
05 Des 2018   09:30 WIB

Komentar
Ini Cara Merawat Tanaman Udara, Harus Spesifik

Tanaman udara. (EasternLeafBlog)

Trubus.id -- Tanaman udara alias air plant sedang jadi tren karena kemudahan perawatan dan banyak cara kreatif untuk menampilkannya. Mulai dari memadankannya dengan kerang atau landak laut, bola kaca hingga bingkai kayu untuk dipajang.

Tanaman yang bisa tumbuh dengan bebas ini cukup unik. Namun, hanya karena tidak perlu ditanam di pot tanah, bukan berarti tanaman ini enggak memiliki persyaratan perawatan, loh. Meskipun tidak sulit, perawatan tanaman udara sangat spesifik.

Foto: Air Plant Supply Co.

Apa itu tanaman udara?

Quick reminder, tanaman udara adalah anggota keluarga Bromeliaceae. Termasuk tumbuhan di genus Tillandsia, di mana ada ratusan spesies yang berbeda. Tumbuhan udara adalah epiphytes yang menggunakan akar kecilnya untuk menempelkan diri ke cabang pohon dan semak daripada tumbuh di tanah.

Baca Lainnya : 7 Alasan Sehat untuk Mendekorasi Rumah dengan Tanaman

Karena tidak mengambil nutrisi dari tanaman inangnya, air plants tidak dianggap sebagai parasit. Sebaliknya, tanaman ini hanya menggunakan tuan rumah sebagai jangkar dan tempat tinggal. Tanaman udara menyerap kelembapan dan nutrisi melalui daunnya, bukan dari akarnya.

Foto: iceimports.

Berasal dari Amerika bagian selatan, tengah, selatan dan juga Meksiko, tanaman udara mampu hidup di berbagai iklim. Namun, tidak ada spesies yang bertahan di musim dingin, di mana suhu turun jauh di bawah 4,4 derajat Celsius.

Karena menyerap kelembapan melalui daunnya, tanaman ini lebih memilih kondisi yang hangat dan lembap. Sebagian besar rumah tidak cukup lembap untuk tanaman udara, terutama di musim dingin. Jadi, harus secara teratur disiram.

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Dosen IPB University Berbagi Tips Merawat Ikan Hias

Pet & Animal   12 Jan 2021 - 10:50 WIB
Bagikan:          
Bagikan:          

Tips Penyembuhan Indera Penciuman Usai Terpapar Covid-19

Health & Beauty   21 Des 2020 - 17:12 WIB
Bagikan: