Langka, Golongan Darah Emas Hanya Dimiliki 43 Orang di Bumi

TrubusLife
Ayu Setyowati | Followers 0
04 Des 2018   21:00

Komentar
Langka, Golongan Darah Emas Hanya Dimiliki 43 Orang di Bumi

Ilustrasi golongan darah. (Bawza)

Trubus.id -- Golongan darah yang ditemukan pada 1961, Rhnull, tidak memiliki tipe antigen paling umum. Rhnull atau Rh merupakan golongan darah yang paling langka di dunia. Sejak itu, hanya ada 43 orang di seluruh negara telah diidentifikasi memiliki Rhnull, menurut Reader's Digest.

Sebuah penelitian di Journal of Pakistan Medical Association mengacu pada deskripsi asli tahun 1961 tentang Rhnull yang dibuat oleh kepala ahli serologi dari King Edward Memorial Hospital for Women di Perth, Australia, G.H. Voz dan rekan-rekannya. Meski begitu, Rhnull diciptakan oleh R. Ceppellini, tiga tahun kemudian.

Menurut penelitian, hanya 14 keluarga dengan fenotipe Rhnull telah tercatat dalam literatur medis. Fenotip Rhnull dihasilkan oleh setidaknya dua mekanisme genetik yang berbeda.

Baca Lainnya : Risiko Kematian Orang Bergolongan Darah O Lebih Tinggi?

Dilaporkan, 45 antigen independen terbukti tidak ada dalam darah emas ini. Yang berarti, siapa pun dengan darah Rhnull tidak mengekspresikan antigen apa pun dalam sel darah merah mereka. Karena itu, Rhnull dianggap sebagai darah universal baru bagi siapa saja dengan golongan darah langka dalam sistem Rh. Fenotipe Rhnull dilaporkan terjadi pada satu dari enam juta orang.

Ini membuatnya menjadi golongan darah yang sangat berharga oleh dokter. Tapi, bagaimana pun juga, bisa sangat berbahaya bagi siapa saja dengan darah Rhnull pada saat mereka membutuhkan transfusi karena kurangnya donor yang tersedia.

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          

Buruk, Dampak Makanan Organik pada Perubahan Iklim

Karmin Winarta   Health & Beauty
Bagikan:          
Bagikan: