6 Tradisi Budaya Takbenda Dunia yang Diakui UNESCO Tahun Ini

TrubusLife
Ayu Setyowati | Followers 0
04 Des 2018   10:00

Komentar
6 Tradisi Budaya Takbenda Dunia yang Diakui UNESCO Tahun Ini

Castells (BoredPanda)

Trubus.id -- Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan PBB (UNESCO) mungkin paling dikenal karena melindungi situs-situs bersejarah dan budaya yang signifikan, seperti Tembok Besar China atau Kota Tua Dubrovnik di Kroasia.

Budaya lebih dari sekadar bangunan, monumen, dan keajaiban alam. Bisa juga, seperti yang dijelaskan UNESCO, "tradisi lisan, seni pertunjukan, praktik sosial, ritual, acara meriah, pengetahuan dan praktik tentang alam dan alam semesta."

Untuk itu, UNESCO memiliki daftar Warisan Budaya Takbenda yang membantu menjaga aspek budaya yang lebih fana.

Berikut adalah beberapa tradisi budaya takbenda yang telah diakui oleh UNESCO, termasuk tiga item teratas, yang ditambahkan pada tahun 2018. 

1. Musik reggae

Suara dan gaya yang unik adalah kombinasi dari bentuk musik Jamaika sebelumnya, serta Karibia, Amerika Utara dan Latin, gaya Neo-Afrika, jiwa dan irama dan blues dari Amerika Utara. Musik reggae datang untuk mewakili isu-isu ketidakadilan yang terpinggirkan dan mengatasi ketidakadilan sosial.

Baca Lainnya: 7 Situs Warisan Budaya UNESCO yang Lebih Menawan Saat Musim Dingin

2. Hurling dan camogie

Hurling adalah olahraga lapangan yang dimainkan di Irlandia yang berasal dari 2.000 tahun yang lalu. Pemain menggunakan hurley (tongkat kayu dengan ujung datar) untuk melempar sliotar (bola) maju mundur ketika mencoba untuk membuat gol. Camogie adalah versi wanita dari olahraga.

3. Al-Aragoz, pewayangan tangan tradisional Mesir

Pertunjukan boneka tangan sangat populer di seluruh Mesir dan melibatkan seorang dalang bersembunyi di dalam panggung portabel sementara asisten berinteraksi dengan penonton. Al-Aragoz adalah nama boneka utama, yang memiliki suara unik yang disamarkan dengan pengubah suara. Tema umum dalam banyak drama adalah perjuangan melawan korupsi.

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: