3 Jenis Cacing Tanah yang Potensial Dibudidayakan

TrubusLife
Diah Fauziah
02 Des 2018   13:00 WIB

Komentar
3 Jenis Cacing Tanah yang Potensial Dibudidayakan

Cacing tanah jenis Lumbricus rubellus. (Discover Life)

Trubus.id -- Tentu, Trubus Mania sudah tidak asing dengan cacing tanah, hewan invertebrata ini. Walau bagi sebagian orang menjijkan, cacing tanah memiliki potensi yang sangat menakjubkan bagi kehidupan dan kesejahteraan manusia.

Tapi, apakah kalian tahu kalau ada beberapa jenis cacing tanah yang dapat dibudidayakan? Ya, beberapa jenis cacing tanah bisa diternakkan, di antaranya cacing tanah asia atau Pheretima; Perionyx; dan Lumbricus. Nah, ketiga jenis cacing tanah ini menyukai bahan organik yang berasal dari pupuk kandang dan sisa-sisa tumbuhan.

Cacing tanah jenis Pheretima memiliki sekitar 95 hingga 150 segmen. Klitelumnya terletak pada segmen 14 sampai16. Tubuhnya berbentuk gilik panjang dan silindris dengan warna merah keunguan. Yang termasuk jenis Pheretima antara lain cacing merah, koot, dan kalung.

Baca Lainnya : Keren, Peneliti Rusia Berhasil Menghidupkan Cacing Gelang yang Sudah Beku 42 Ribu Tahun

Memiliki jumlah segmen antara 75 hingga 165, di mana kitelumnya terletak dii segmen 13 dan 17, merupakan ciri cacing tanah jenis Perionyx. Cacing ini berbentuk gilig ungu tua hingga merah kecokelatan. Tapi, cacing ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih serius saat diternakkan.

Terakhir, cacing jenis Lumbricus. Cacing jenis ini lebih unggul karena tingkat produktivitasnya tinggi. Misalnya penambahan berat badan, produksi telur atau anakan dan tidak banyak bergerak.

Cacing tanah jenis Lumbricus mempunyai bentuk tubuh pipih. Jumlah segmen yang dimiliki sekitar 90 hingga195, di mana klitelum terletak pada segmen 27 sampai 32. Biasanya, cacing jenis ini kalah bersaing dengan yang lain sehingga tubuhnya lebih kecil. Tapi, bila diternakkan, besar tubuhnya bisa menyamai atau melebihi jenis lain. [DF]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: