Badak Purba yang Punah 40 Ribu Tahun Silam Ini Konon Asal-usul Legenda Unicorn

TrubusLife
Ayu Setyowati | Followers 0
30 Nov 2018   15:00

Komentar
Badak Purba yang Punah 40 Ribu Tahun Silam Ini Konon Asal-usul Legenda Unicorn

Unicorn siberia. (Invers)

Trubus.id -- Sudah tahu asal-usul unicorn? Well, legenda unicorn alias binatang bertanduk satu telah ada sejak ribuan tahun lalu. Menurut beberapa pihak, badak purba raksasa ini bisa jadi merupakan asal usul mitos unicorn yang hidup di muka bumi sekitar 39.000 tahun lalu, jauh lebih lama dibandingkan perkiraan sebelumnya. Meski sebenarnya, hewan lain seperti paus bertanduk, lebih mungkin menjadi dasar mitos itu.

Dikenal dengan nama unicorn siberia, hewan yang memiliki tanduk panjang di hidungnya ini dahulu berkeliaran di padang rumput di Eurasia. Ditulis BBC, bukti terbaru menunjukkan bahwa hewan kekar ini mungkin saja punah karena terlalu pemilih soal makanan.

Para ilmuwan berpendapat, semakin banyak kita mengetahui tentang kepunahannya, semakin baik bagi upaya penyelamatan badak yang masih tersisa saat ini. Menurut Profesor Adrian Lister dari Natural History Museum di London, saat ini, badak berada di jurang kepunahan akibat terlalu pemilih dalam menentukan habitatnya.

Baca Lainnya : Selamatkan Badak Putih dari Kepunahan, Embrio Rhino Hibrida Berhasil Dibuat

"Perubahan apa pun yang terjadi di lingkungan mereka, dianggap sebagai bahaya," ungkapnya kepada BBC News.

Ia melanjutkan, "Dan tentu saja, yang kami pelajari dari catatan fosil yaitu ketika suatu spesies hilang, ya sudah, ia punah selamanya."

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan: