Ini Trik Menanam Tabebuya, Bunga Cantik yang Menghiasi Kota Surabaya

TrubusLife
Ayu Setyowati | Followers 0
28 Nov 2018   15:29

Komentar
Ini Trik Menanam Tabebuya, Bunga Cantik yang Menghiasi Kota Surabaya

Bunga Tabebuya (Istimewa)

Trubus.id -- Pohon bunga tabebuya (Tabebuia) yang mekar di Surabaya sedang menjadi pembicaraan banyak orang. Pohon dengan bunga indah yang mirip pohon sakura di Jepang ini memiliki bunga yang sangat lebat, bahkan nyaris seperti tak memiliki daun. Tidak hanya merah muda, bunga pohon tabebuya ini memiliki berbagai macam warna seperti kuning, merah, putih, dan magenta. 

Banyak orang yang menantikan mekarnya bunga asal Brasil yang biasanya ditanam di sepanjang jalan ini. Namun kamu juga bisa menanam pohon bunga ini di rumah, loh. Karena pohonnya termasuk tanaman yang sangat mudah tumbuh alias easy growing, ia hanya butuh tanah yang lembap untuk tumbuh. Propagasinya pun juga mudah dilakukan, salah satunya adalah lewat stek. 

Baca Lainnya: Risma Ingin Surabaya Punya Banyak Hutan Kota Dengan Konsep Berbeda-beda

Hanya saja, seperti permasalahan pohon bunga pada umumnya, kadang cara perawatan yang tidak tepat akan membuat pohon bunga tak berbunga lebat seperti yang diharapkan. Paling buruknya, mungkin tak bakal berbunga. 

Ada beberapa trik yang bisa dilakukan untuk memastikan pohon tabebuya ini berbunga.

1. Pemberian pupuk

Karena termasuk jenis yang mudah tumbuh, pohon bunga tabebuya sebenarnya akan berbunga walau tak diberi pupuk. Hanya saja, dengan pemberian pupuk tiga bulan sekali akan membantu pohon ini berbunga lebih cepat. 

Untuk tahap awal, pohon ini bisa diberi pupuk yang mengandung unsur nitrogen (N) tinggi yang berguna untuk membentuk tunas cabang baru. Setelah itu lakukan pemupukan dengan fosfor (P) untuk merangsang pembungaan. 

2. Perhatikan struktur tanah

Pastikan tanah gembur. Jika struktur kurang baik, bisa diperbaiki dengan pupuk sekam padi dan kompos.

Baca Lainnya: Suhu Udara Surabaya Turun 2 Derajat karena Taman dan Hutan Kota

3. Jangan terlalu sering disiram

Banyak orang percaya bahwa semakin sering disiram, semakin cepat tanaman akan tumbuh dan berbunga. Namun tidak berlaku untuk pohon bunga tabebuya. Pasalnya terlalu sering menyiram justru akan menghambat perkembangan akarnya. 

4. Pemangkasan

Perhatikan pohon baik-baik, jika ada bagian yang rusak atau busuk segeralah lakukan  pemangkasan agar tak menghambat pertumbuhan cabang lain dan juga bunganya. 

5. Butuh banyak cahaya matahari

Habitat asli Tabebuya berasal dari daerah dengan iklim kering, sehingga memiliki ketahanan hidup yang tinggi dalam kondisi kekeringan. Itu sebabnya pohon hias populer ini mudah tumbuh di berbagai jenis tanah di daerah subtropis dan tropis, termasuk Indonesia. 

Pohon bunga tabebuya embutuhkan banyak asupan cahaya matahari agar mudah berbunga. Pastikan untuk menempatkan pohon bunga tabebuya di tempat terkena cahaya matahari. Pekarangan rumah adalah tempat ideal untuk membesarkannya. 

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          

6 Bumbu Herba Alami untuk Pengidap Diabetes

Ayu Setyowati   Plant & Nature
Bagikan:          

California Wajibkan Panel Surya bagi Perumahan Baru

Ayu Setyowati   Plant & Nature
Bagikan: