145 Paus Mati di Pantai Selandia Baru yang Terpencil

TrubusLife
Diah Fauziah | Followers 0
26 Nov 2018   17:00

Komentar
145 Paus Mati di Pantai Selandia Baru yang Terpencil

Paus pilot yang terdampar di pantai di Pulau Stewart, Selandia Baru. (Dok. Departemen Konservasi Selandia Baru.)

Trubus.id -- Sebanyak 145 paus pilot telah tewas dalam satu massa yang terdampar di bagian terpencil pulau kecil di Selandia Baru, kata pihak berwenang, Senin (26/11).

Ratusan paus pilot yang mati ditemukan oleh pejalan kaki pada Sabtu (24/11) di Pulau Stewart, 30 kilometer di lepas pantai selatan Pulau Selatan. Setengah dari paus yang terdampar dalam keadaan mati. Karena kondisi ikan paus pilot yang tersisa serta lokasi terpencil dan sulit diakses, keputusan sulit dibuat, menyuntik mati paus tersebut.

"Sayangnya, kemungkinan paus yang masih hidup untuk bertahan di lautan sangat rendah. Lokasi terpencil, kurangnya personel di lokasi yang sulit dijangkau, mengharuskan kami mengambil keputusan sulit dengan menyuntik mati mereka," kata Ren Leppens, manajer operasi Departemen Konservasi di Pulau Stewart.

Baca Lainnya : Miris, di Pulau Ini Paus Pilot Selalu Dibunuh

Menyuntik mati kawanan paus pilot diakui Ren sebagai keputusan sulit.

"Bagaimana pun juga, menyuntik mati paus merupakan keputusan yang menghancurkan hati," ujarnya.

Ini merupakan kejadian keempat yang ditemukan di pantai di Selandia Baru selama akhir pekan. Paus terdampar di pantai sering terjadi di Selandia Baru. Dalam setahun, terdapat sekitar 85 kejadian.

Tidak diketahui penyebab pasti terdamparnya paus. Tapi, ada beberapa faktor yang kemungkinan menyebabkan terdampar mamalia ini, yakni penyakit, kesalahan navigasi, fitur geografis, pasang surut air laut yang cepat, dikejar predator atau cuaca ekstrem. [DF]

 

 

  

 

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          

Pro Kontra Perlombaan Gajah di Vietnam

Diah Fauziah   Pet & Animal
Bagikan: