Jadi Alat Mandi, Ini Rahasia di Balik Lidah Kucing

TrubusLife
Ayu Setyowati
23 Nov 2018   21:30 WIB

Komentar
Jadi Alat Mandi, Ini Rahasia di Balik Lidah Kucing

Lidah kucing mengandung 300 buah duri berbentuk sendok kecil disebut filiform papilae yang dilapisi air liur untuk membersihkan bulu. (Pixabay/rihaji)

Trubus.id -- Trubus Mania pasti pernah melihat bagaimana kucing membersihkan tubuhnya dengan menjilatnya pakai lidah. Pertanyaannya, bagaimana hal tersebut membuat mereka bersih.

Penasaran terhadap hal tersebut, para peneliti di Amerika Serikat mencoba menjawabnya. Berbekal kamera video berkecepatan tinggi, mereka mencoba mengungkap rahasia di balik lidah kucing itu.

Baca Lainnya : Bobby The Cat, Kucing Kampung Kesayangan Prabowo Subianto yang Datang Sendiri

Mereka menemukan bahwa lidah kucing mengandung 300 buah duri berbentuk sendok kecil disebut filiform papilae yang dilapisi air liur untuk membersihkan bulu. Temuan ini kemudian dipublikasikan dalam jurnal Proceeding National Academy of Sciences, beberapa waktu lalu.

Hingga sekarang, para peneliti meyakini bahwa papilae tersebut berbentuk kerucut, seperti cakar kecil. Tapi ternyata, dalam temuan terbaru, struktur itu terbuat dari keratin seperti cekungan berbentuk U di ujungnya. Bentuk tersebut yang memudahkan kucing dengan lidahnya menyeka air liur dari mulut dan memindahkannya ke bulu di tubuhnya.

"Kelihatannya seperti setengah pipa," ungkap Alexis Noel, co-author penelitian ini dikutip dari AFP.

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          

Begini Cara Tepat Hindari Kontaminasi Bakteri Pada Tanaman Tomat

Plant & Nature   19 Okt 2020 - 18:04 WIB
Bagikan:          
Bagikan: