Minyak Ikan dan Vitamin D Tak Bisa Cegah Serangan Jantung dan Kanker

TrubusLife
Diah Fauziah
23 Nov 2018   16:00 WIB

Komentar
Minyak Ikan dan Vitamin D Tak Bisa Cegah Serangan Jantung dan  Kanker

Suplemen minyak ikan. (Pixabay/ stevepb)

Trubus.id -- Tidak sedikit yang percaya jika suplemen minyak ikan bisa menurunkan risiko serangan jantung atau stroke. Dan, beberapa data menunjukkan bahwa orang-orang dengan tingkat vitamin D yang lebih rendah cenderung memiliki penyakit jantung dan kanker.

Namun, studi baru yang diterbitkan New England Journal of Medicine yang dipresentasikan pada pertemuan tahunan American Heart Association beberapa waktu lalu mengungkap temuan tentang efek dari kedua suplemen ini terhadap penyakit jantung dan kanker.

Menurut peneliti, minyak ikan sepertinya membantu kelompok orang tertentu. Mereka juga percaya bahwa vitamin D membutuhkan waktu lebih lama untuk memiliki efek pada tingkat kematian dan kanker. Penelitian dilakukan untuk memberikan lebih banyak jawaban tentang apa, jika ada, efek kedua nutrisi tersebut terhadap kesehatan.

Baca Lainnya : Suplemen Minyak Ikan Terbukti Tidak Mencegah Serangan Jantung Pasien Diabetes

Merupakan penelitian terkontrol dalam skala besar pertama untuk mengetahui bagaimana omega-3 dapat memengaruhi risiko penyakit jantung pada orang yang tidak memiliki riwayat penyakit tersebut.

Lebih dari 25.800 orang dibagi menjadi empat kelompok. Grup pertama, mendapatkan 2.000 IU vitamin D dan plasebo setiap hari. Kelompok 2 diberi 1 gram asam lemak omega-3 dan plasebo setiap hari. Grup ketika diberi 2.000 IU vitamin D dan 1 gram omega-3 setiap hari. Kelompok terakhir diberi dua plasebo setiap hari.

Semua relawan diberi nutrisi selama lima tahun, di mana peneliti mencatat semuanya, dari diagnosis kanker hingga penyakit jantung, termasuk serangan jantung dan stroke, serta kematian akibat kanker dan jantung.

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          

Perubahan Iklim Berdampak Buruk Bagi Kesehatan Anak Seluruh Dunia

Health & Beauty   19 Nov 2019 - 07:12 WIB
Bagikan:          
Bagikan: