Roti Kecoa Bisa Jadi Makanan Alternatif di Masa Depan, Seperti Apa? 

TrubusLife
Ayu Setyowati | Followers 0
22 Nov 2018   14:30

Komentar
Roti Kecoa Bisa Jadi Makanan Alternatif di Masa Depan, Seperti Apa? 

Roti Kecoa (Istimewa)

Trubus.id -- ‘Roti kecoa’ sedang heboh beredar di dunia maya. Bukan, bukan serangga menjijikkan itu yang diolah mentah-mentah jadi bahan baku roti, tepatnya tepungnya lah yang dibuat dari serangga tersebut.

Produk ini dikembangkan peneliti Brasil sebagai kemungkinan jalan keluar untuk mengatasi kekurangan pangan dan masalah ketersediaan protein binatang yang diperkirakan akan terjadi tidak lama lagi, sebagai akibat pertumbuhan penduduk.

Pertumbuhan cepat

Menurut PBB, pertumbuhan manusia akan semakin cepat dalam beberapa dekade mendatang. Sekitar 9,7 miliar orang akan hidup di bumi pada tahun 2050. PBB mengusulkan pengenalan serangga secara meluas dalam susunan makanan manusia - sebab serangga kaya protein, berlimpah di alam dan tidak terlalu mahal. Di beberapa tempat di dunia, seperti Asia Tenggara, serangga bahkan memang termasuk dalam bahan makanan, belalang salah satunya. 

Tetapi roti ini tidak terbuat dari kecoa yang berkeliaran di saluran pembuangan di banyak kota dunia. Para peneliti di Brasil menggunakan kecoa udang (Nauphoeta cinerea), spesies yang berasal dari Afrika utara, yang sering dipakai sebagai makanan binatang peliharaan eksotik seperti tarantula dan kadal. Kecoa udang berkembang biak dengan mudah dan cepat jika dipelihara dalam ruang tertutup.

Baca Lainnya: Kandungan Protein Nabati yang Ada di Kacang Hijau Bisa Bikin Awet Muda Loh

Kecoa ini dipilih untuk diolah menjadi tepung karena merupakan sumber protein yang kaya (70% komposisinya atau lebih dari 50% dari yang didapat dari daging merah), serangga telah dikenal selama jutaan tahun - dan tetap mempertahankan sifat genetikanya meskipun telah melewati evolusi.

"Mereka pastinya memiliki sesuatu yang benar-benar baik karena dapat melewati evolusi tanpa bantuan untuk dapat beradaptasi dengan lingkungan," jelas ahli pangan Andressa Jantzen, dari Federal University of Rio Grande (FURG), Brasil selatan.

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Nangka, Jadi Superfood yang Bisa Membunuh Sel Kanker

Astri Sofyanti   Health & Beauty
Bagikan:          
Bagikan:          

Ternyata, Orang yang Puasa Rentan Sariawan

Astri Sofyanti   Health & Beauty
Bagikan: