3 Pohon Ini Diklaim Berumur Paling Panjang di Dunia

TrubusLife
Ayu Setyowati
21 Nov 2018   20:00 WIB

Komentar
3 Pohon Ini Diklaim Berumur Paling Panjang di Dunia

Bristlecone Pine. (MNN)

Trubus.id -- Baik manusia, hewan maupun tumbuhan juga memiliki sel-sel pembentuk jaringan di dalam tubuh. Namun, seperti dikutip dari Digital Journal, tumbuhan memiliki umur lebih panjang dibandingkan hewan. Hal ini karena sel induk yang dimiliki tumbuhan sangat berperan aktif ketika terjadi kerusakan sel lain.

Menurut penelitian yang dilakukan sekelompok ilmuwan dari VIB and Ghent University di Jerman, sel induk dalam akar tumbuhan memegang kunci penting terhadap kelangsungan hidup tumbuhan. Sekaligus berperan untuk melahirkan salinan DNA ketika tumbuhan mengalami kerusakan sel. Dengan pembentukan salinan DNA tersebut, tumbuhan dapat terus tumbuh dan berkembang menggunakan sel baru.

Penelitian lain menyebutkan bahwa organisme paling tua di dunia didominasi spesies yang bisa bereproduksi secara aseksual karena membantunya menghindari mutasi dan parasit. Merangkum berbagai sumber, berikut beberapa jenis pohon yang bisa berumur hingga ribuan tahun.

Bristlecone Pine (4200 tahun)

Pohon cemara merupakan pohon dari family Pinaceae. Bisa ditemukan di mana dan kapan saja, selama tanah di daerah tersebut berpasir berkapur, mengandung banyak air atau mempunyai kadar keasaman cukup tinggi. Nah, Trubus Mania bisa menemukan pohon dengan nama latin Balfourianae ini di Siberia, Skotlandia, Norwegia, Kepulauan Canary, Filipina, Pegunungan Himalaya hingga ke pelosok New Zealand, Brazil dan Chili.

Pinus longaeva. Foto: American Coniver Society.

Pohon ini cukup populer karena dapat tumbuh di mana saja. Juga memiliki daya jual yang sangat tinggi dalam industri perkayuan. Semua bagian pohon cemara bisa dimanfaatkan, mulai dari kayu, getah, ranting, biji hingga daunnya, mempunyai kegunaan yang bernilai ekonomi.

Pohon cemara dengan rata-rata tinggi 15 hingga 45 meter merupakan salah satu pohon yang berumur panjang. Umurnya bisa mencapai sekitar 100 sampai 1000 tahun. Bahkan, rekor pohon tertua di dunia tercatat dari spesies great basin bristlecone pine. Pada tahun 2018, tanaman dengan nama ilmiah Pinus longaeva ini berumur 4850 tahun. Menjadi pohon tertinggi dari spesies sugar pine sedangkan yang terpendek adalah cemara potosi pinyon dan siberian dwarf pine.

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Jangan Sepele, Begini Caranya Agar Kita Tidak Kekurangan Vitamin C

Health & Beauty   14 Des 2019 - 23:51 WIB
Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: