Bahaya Mengancam di Balik Lezatnya Kalkun

TrubusLife
Ayu Setyowati | Followers 0
21 Nov 2018   11:30

Komentar
Bahaya Mengancam di Balik Lezatnya Kalkun

Ilustrasi (Istimewa)

Trubus.id -- Perayaan Thanksgiving atau Hari Pengucapan Syukur yang biasa dirayakan warga Amerika  di hari kamis keempat di bulan November biasanya terpusat pada hidangan kalkun yang ikonik. Tetapi laporan baru dari National Resources Defence Council (NRDC) dan mitranya di Food Animal Concerns Trust mengatakan, makanan tersebut dapat membahayakan kesehatan dilihat dari bagaimana daging Amerika diproduksi.

Baru minggu lalu, NBC News melaporkan terjangkitnya Salmonella kebal-antibiotik yang terkait dengan kalkun mentah, dan itu masih menyebar. Sejauh ini, wabah tersebut telah membuat 164 orang sakit, dan satu orang telah meninggal.

Baca Lainnya: Rentan Salmonella, Jangan Berikan Telur Setengah Matang pada Anak

Menurut para ahli, setidaknya 2 juta orang Amerika menderita infeksi yang disebabkan oleh bakteri yang kebal obat setiap tahun - mengakibatkan lebih dari 23.000 kematian - dan jumlah tersebut meningkat.

Analisis NRDC mengatakan, kalkun diberikan antibiotik lebih intensif daripada ternak lain di Amerika Serikat. Industri peternakan AS memelihara ternak dengan penggunaan antibiotik intensif, dengan sebagian besar obat-obatan diberikan kepada kelompok hewan yang tidak sakit untuk mengimbangi kondisi hidup yang penuh tekanan dan tidak sehat.

Baca Lainnya: Keamanan Pangan di Tingkat Rumah Tangga Perlu Dimasifkan

Namun, hal ini sebenarnya tidak perlu. Beberapa negara Eropa menghentikan praktik ini bertahun-tahun yang lalu, dan bulan lalu Parlemen Eropa memutuskan untuk melarang praktik semacam itu. Menggunakan antibiotik dengan cara ini mendorong krisis resistensi antibiotik, dan WHO memperingatkan bahwa jika kita ingin antibiotik tetap berguna untuk mengobati orang ketika mereka sakit, kita harus menggunakan antibiotik dengan lebih bertanggung jawab.

Jadi jika membeli kalkun pada hari Thanksgiving ini, disarankan untuk mencari label seperti "Animal Welfare Approved" atau "USDA Certified Organic". Sertifikasi ini berarti bahwa kalkun dibesarkan tanpa antibiotik atau promotor pertumbuhan. Juga, pastikan untuk menangani dan memasak kalkun dengan benar.

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait