Spanyol Targetkan 100 Persen Listrik dari Energi Terbarukan pada 2050

TrubusLife
Ayu Setyowati
19 Nov 2018   14:30 WIB

Komentar
Spanyol Targetkan 100 Persen Listrik dari Energi Terbarukan pada 2050

Tambang batu bara di Spanyol yang akan ditutup. (Climaticocambio)

Trubus.id -- Pemerintah sosial demokratik Spanyol telah meluncurkan rencana ambisius untuk mengubah sistem listrik negara pada tahun 2050. Untuk benar-benar menghilangkan karbon ekonomi, Spanyol akan mentransfer seluruh sistem kelistrikannya ke sumber-sumber terbarukan selama 30 tahun ke depan dengan tujuan memangkas emisi gas rumah kaca hingga 90 persen.

Rencana ini merupakan bagian dari rancangan undang-undang perubahan iklim dan transisi energi Spanyol. Pemerintah berkomitmen untuk memasang minimal 3.000 megawatt angin dan kapasitas tenaga surya setiap tahun selama 10 tahun ke depan. Negara Eropa melarang lisensi baru untuk bahan bakar fosil, eksploitasi hidrokarbon dan sumur injeksi. Ini juga merupakan seperlima dari anggaran negara untuk tindakan yang akan mengekang perubahan iklim.

Baca Lainnya : Pulau Tilos di Yunani Jadi yang Pertama Pakai 100 Persen Energi Terbarukan

Christiana Figueres, mantan sekretaris eksekutif konvensi kerangka kerja PBB tentang perubahan iklim (UNFCCC), mengatakan jika rancangan undang undang merupakan contoh yang sangat baik dari perjanjian Paris. Menetapkan tujuan jangka panjang, memberikan insentif untuk meningkatkan teknologi emisi dan peduli tentang transisi yang baik untuk tenaga kerja.

Menurut The Guardian, akan ada kontrak transisi yang dibuat untuk menutup sebagian besar tambang batubara di Spanyol dengan imbalan paket pensiun dini, pelatihan untuk pekerjaan energi bersih dan pemulihan lingkungan. Pemerintah akan membiayai sebagian kesepakatan melalui hasil lelang dari penjualan hak emisi. Pemerintah Spanyol juga membatalkan pajak matahari kontroversial yang menghentikan sektor energi terbarukan di negara itu.

Baca Lainnya : Energi Terbarukan dari Tenaga Surya dan Angin Tidak Cocok untuk Indonesia, Ini Alasannya

Nantinya, undang-undang baru ini akan mengamanatkan 35 persen pembagian listrik untuk energi hijau pada tahun 2030. Kepala eksekutif SolarPower Eropa, James Watson, mengatakan bahwa undang-undang ini harus menjadi contoh di seluruh dunia.

Dalam 11 tahun, efisiensi energi akan meningkat sebesar 35 persen. Pemerintah serta otoritas sektor publik akan menyewa bangunan yang hampir mencapai nol energi. Ya, Spanyol memiliki tujuan untuk menjadi netral karbon. Negara ini akan memimpin gerakan dalam 'pertempuran' melawan perubahan iklim. [DF] 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: