Langka, Ikan Purba Jenis Raja Laut Ditemukan di Papua

TrubusLife
Ayu Setyowati
15 Nov 2018   18:30 WIB

Komentar
Langka, Ikan Purba Jenis Raja Laut Ditemukan di Papua

Ikan purba raja laut yang ditemukan di Papua. (BBC)

Trubus.id -- Seekor ikan langka ditemukan di perairan Raja Ampat dan viral. Setelah diidentifikasi, binatang bertulang belakang yang hidup di air ini merupakan ikan purba bernama Coelacanth.

Dari rilis Pemkab Raja Ampat, Coelacanth atau biasa disebut raja laut adalah ikan purba yang langka alias living fossil. Ikan ini hanya tersisa dua spesies di dunia, yaitu Latimeria chalumnae di Afrika dan Latimeria menadoensis di Sulawesi, Indonesia.

Coelacanth ditemukan di Perairan Waigeo, Raja Ampat. Ikan tersebut tertangkap pancing Santoso, anggota Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (YONMARHANLAN) XIV Sorong.

Baca Lainnya : Hati-hati, Jangan Salah Pilih Merek Pakan Ikan Koi

Mulanya, Santoso tak mengetahui jika ikan yang ditangkapnya merupakan jenis langka. Hingga akhirnya, foto tersebut menjadi viral. Loka Pengelolaan Sumber Daya Pesisir dan Laut (PSPL) Sorong menduga ikan tersebut merupakan jenis raja laut.

Dalam foto tersebut diketahui bahwa permukaan tubuh Coelacanth memiliki warna cokelat kehitaman yang bercampur dengan abu-abu. Ditemukan beberapa noktah spot putih-keruh yang tersebar dari tutup insang (operculum) hingga bagian pangkal ekor (hypural junction).

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          

Begini Cara Tepat Hindari Kontaminasi Bakteri Pada Tanaman Tomat

Plant & Nature   19 Okt 2020 - 18:04 WIB
Bagikan:          
Bagikan: