Japanese Encephalitis, Virus Mematikan bagi Otak Manusia

TrubusLife
Astri Sofyanti
14 Nov 2018   18:30 WIB

Komentar
Japanese Encephalitis, Virus Mematikan bagi Otak Manusia

Penyebaran virus Japanese Encephalitis. (Philnews)

Trubus.id -- Beberapa waktu lalu, Pemerintah Australia mengeluarkan travel warning bagi warga negaranya yang akan berkunjung ke Bali lantaran virus Japanese encephalitis (JE). Akibat pemberitaan tersebut, Kementerian Kesehatan menyesalkan terjadinya kesalahan informasi tentang penyakit JE di Bali.

"Tidak benar jika terjadi lonjakan kasus atau bahkan outbreak JE di Bali. Sepanjang tahun 2018, hanya ditemukan satu kasus JE pada Januari lalu, itupun tanpa kematian," kata Direktur Surveilan dan Karantina Kesehatan Kemenkes, Vensya Sitohang, melalui siaran pers yang diterima Trubus.id, Senin (12/11).

Maka dari itu, pada April lalu, Kemenkes melakukan vaksinasi JE di Bali. Pelaksanaan vaksinasi tersebut merupakan bagian dari kampanye imunisasi JE di Bali lantaran merupakan daerah endemis JE. Cakupan proyek tersebut dikatakan Vensya telah mencapai 100 persen.

Pelaksanaan vaksinasi merupakan bagian dari kampanye imunisasi JE di Bali. Foto: nurselk.

Imunisasi JE di Bali juga sudah masuk imunisasi rutin. Targetnya adalah seluruh bayi usia 10 bulan di Provinsi Bali. Menteri Kesehatan, Nila Moeloek, mengakui bahwa imunisasi JE tidak masuk dalam imunisasi dasar lengkap di Indonesia karena adanya keterbatasan. Hanya dilakukan di dua tempat yang paling banyak populasi babi seperti Bali dan Sulawesi Utara.

Menurut Nila, virus JE berkembang di tubuh babi. Ditularkan oleh nyamuk yang memakan darah babi ke tubuh manusia. Meski begitu, Nila mengungkapkan jika pihaknya terus memantau dan memeriksa isu penyebaran virus JE di Indonesia.

"Lagi ditelaah. Tingkat kebenaran mesti dilihat. Kami minta litbang dan balai besar laboratorium kesehatan untuk cek, benar atau tidak virus itu ada di Indonesia. Sulawesi Utara negatif. Bali belum ada jawaban," kata  Nila.

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Kebiasaan Masyarakat Tiongkok Minum Air Panas, Apa Manfaatnya?

Health & Beauty   16 Des 2019 - 14:55 WIB
Bagikan:          

Berenang Secara Rutin Baik untuk Kesehatan Anjing

Pet & Animal   16 Des 2019 - 11:04 WIB
Bagikan:          
Bagikan: