White Muscat, Anggur Rasa Mangga yang Kian Populer di Korea

TrubusLife
Ayu Setyowati | Followers 0
14 Nov 2018   12:30

Komentar
White Muscat, Anggur Rasa Mangga yang Kian Populer di Korea

White Muscat (Istimewa)

Trubus.id -- Varietas anggur baru yang disebut shine muscat (Vitis vinifera) adalah pilihan yang semakin populer di meja makan Korea Selatan. Shine muscat dibedakan oleh rasa uniknya, yang meliputi rasa mangga. Anggur hijau kekuningan ini membawa rasa musky, tetapi tanpa banyak rasa asam.

Varietas ini lebih mahal daripada yang lain di Korea. Platform E-commerce E-mart Mall bahkan menjual anggur untuk 1.890 won (Rp25 ribu) per 100 gram, sedangkan anggur hijau yang diimpor dari AS harganya 770 won (Rp10 ribu) per 100 gram.

Menurut Korea Rural Economic Institute, shine muscat pertama kali dipanen di Korea pada tahun 2014. Areal yang didedikasikan untuk varietas telah meningkat setiap tahun, dari 2,78 kilometer persegi pada tahun 2016, menjadi 4,84 kilometer persegi pada tahun 2017 dan 9,63 kilometer persegi tahun ini. Lebih dari 80 persen peternakan berada di Provinsi Gyeongsang Utara.

Baca Lainnya: Anggur Berusia 2000 Tahun Ditemukan di China, Penasaran Rasanya?

Namun menurut beberapa sumber lain, anggur ini sebenarnya berasal dari prefektur Okoyama, Jepang. Tempat di mana buah-buahan khusus dikembangkan sebagai produk pertanian ekspor andalan. 

Anggur tanpa biji dan berukuran besar ini disilangkan dari dua jenis anggur berbeda. Anggur Shine Muscat terkenal akan kualitasnya yang tinggi dan tampilan tanpa cela. Sehingga di Singapura pun diketahui anggur ini mencapai SG$88 (Rp940 ribu) per 500 gr. Wow!

Anggur white muscat mengandung kadar gula tinggi dan keasaman rendah. Rasanya sangat manis tanpa ada jejak asam. Musimnya ada mulai awal Juli sampai akhir Oktober. Selain dimakan begitu saja, anggur bisa dipakai untuk membuat kismis atau white wine.

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: