Rajin Makan Tomat Bisa Cegah Penuaan Dini 

TrubusLife
Ayu Setyowati
12 Nov 2018   08:00 WIB

Komentar
Rajin Makan Tomat Bisa Cegah Penuaan Dini 

Tomat dengan lycopene sebagai antiaging (Pulse)

Trubus.id -- Memasuki usia kepala tiga, tanda-tanda penuaan pada kulit adalah salah satu momok bagi para perempuan. Munculnya garis-garis halus, kulit yang mulai kehilangan elastisitas, flek hitam, dan wajah kusam seringkali dihindari agar wajah tampak awet muda lebih lama. 

Pada dasarnya, tanda-tanda penuaan pada kulit wajar terjadi seiring dengan bertambahnya usia. Tapi jangan hopeless, ada beragam cara untuk mengatasi penuaan dini agar kulit tetap sehat dan terawat.

Selain perawatan kulit dari luar dengan rangkaian skincare, perhatikan juga perawatan kulit dari dalam. Salah satu cara mengatasi penuaan dini dari dalam tubuh adalah dengan memperhatikan asupan makanan sehari-hari seperti mengonsumsi makanan yang mengandung lycopene.  

Manfaat lycopene untuk kulit awet muda

Lycopene adalah pigmen merah yang biasa terdapat pada tomat matang, yang dapat memberikan kontribusi lebih dari 85 persen dari asupan lycopene yang diperlukan tubuh sehari-hari.

Selain dalam buah tomat yang sudah masak, lycopene juga ditemukan dalam jambu biji, jeruk bali dan semangka. Sebagai makanan dengan sumber lycopene terbesar, apa saja manfaat tomat untuk kesehatan tubuh dan kulit?

ANTIOKSIDAN

Tomat mengandung lycopene, karoten merah cerah, dan pigmen karotenoid yang menjadikan tomat berwarna merah. Lycopene berfungsi sebagai antioksidan untuk menetralisir radikal bebas yang berpotensi merusak sel-sel dalam tubuh.

Jika sel dalam tubuh terkontaminasi oleh polusi dan berbagai zat yang merugikan tubuh, hal ini tentu memengaruhi kesehatan tubuh terutama kulit. 

TABIR SURYA ALAMI

Asupan tomat secara regular menjamin perlindungan terhadap eritema (suatu kondisi kulit yang ditandai dengan kemerahan atau ruam) yang disebabkan oleh radiasi UV.

Sebuah studi yang dilakukan di Universitas Manchester dan Newcastle menemukan bahwa orang yang menambahkan 5 sendok makan pasta tomat ke dalam diet sehari-hari, akan terlindung dari kulit terbakar sebesar 33 persen dibanding orang yang kurang atau tidak sama sekali mengonsumsinya. Hal ini setara dengan krim tabir surya, dan jauh lebih tinggi dari pro-kolagen sebagai suatu molekul yang menjaga susunan lapisan kulit.

MENGATASI PENUAAN DINI

Tomat dengan kandungan lycopene terbesar selalu dipercaya untuk mencegah timbulnya kerutan dan bintik hitam pada kulit akibat sinar matahari.

Konsumsi tomat 

Cobalah cara mengatasi penuaan dini secara alami dengan memenuhi asupan lycopene. Makanan berbasis tomat bisa dijadikan pilihan karena menawarkan konsentrasi lycopene tertinggi.

Zat karotenoid dalam tomat memiliki nutrisi yang bersifat larut dalam lemak. Itu sebabnya, memasak tomat dengan minyak atau makan tomat yang dimasak dengan sedikit lemak dapat membantu meningkatkan jumlah lycopene yang dapat diserap tubuh.

Pasta tomat, sup, dan jus mengandung lebih banyak lycopene dibanding sayuran segar. Satu cangkir pasta tomat memberikan 75 mg likopen, dibandingkan dengan 5 mg dalam satu cangkir tomat mentah.

Apakah ada makanan lain yang juga mengandung lycopene? Ada. Semangka, jambu, aprikot, dan pepaya juga mengandung lycopene, sekaligus menyediakan vitamin C, kalium, folat dan pigmen antioksidan lainnya.

 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: