Di Masa Depan, Llama Bisa Cegah Flu Universal

TrubusLife
Ayu Setyowati | Followers 0
08 Nov 2018   06:30

Komentar
Di Masa Depan, Llama Bisa Cegah Flu Universal

Llama. (Her.ie)

Trubus.id -- Tak sedikit orang sadar betapa pentingnya vaksin flu. Vaksin berisi sedikit virus flu yang dinetralisasi untuk memicu sistem imunitas demi menciptakan antibodi yang akan menghancurkan virus aktif ketika masuk ke tubuh. Dari tahun ke tahun, vaksin flu lebih efektif dari sebelumnya, meski para ilmuwan harus mendesain ulang.

Itu sebabnya para peneliti berharap menciptakan vaksin flu universal yang akan efektif terhadap setiap jenis flu dan tidak harus dimodifikasi setiap tahun. Dan llama (Lama glama) kabarnya bisa memainkan peran penting dalam mencapai tujuan itu.

Baca Lainnya : Cegah Virus Flu, Jangan Lupa Vaksinasi dan Cuci Tangan

Para peneliti telah membuat semprotan hidung dari beberapa antibodi llama yang menargetkan beberapa jenis flu sekaligus. Penelitian terbaru mengungkapkan jika antibodi ini mampu melindungi tikus dari berbagai serangan flu. Selain itu, antibodi dari llama dapat bertahan tanpa pendinginan untuk waktu lama, yang akhirnya bisa membuat pengobatan flu lebih murah.

"Pendekatan kami berpotensi dapat digunakan sebagai pengobatan pencegahan dari tahun ke tahun dan melindungi flu musiman serta pandemik potensial seperti flu burung," ucap Ian Wilson, ahli biokimia dari Scripps Research.

Baca Lainnya : Sinar Matahari, Cara Tepat Terhindar dari Flu

Para peneliti terdahulu yang belum berhasil menciptakan vaksin universal mengatakan jika cara ini bisa berhasil, kata majalah Science. Bagaimana pun, vaksin ini akan sangat bermanfaat bagi orang tua yang sering terkena flu paling parah dan tidak mendapatkan perlindungan terbaik dari vaksin tahunan.

Lantaran tidak harus dimodifikasi ulang setiap tahun, vaksin ini bisa dibuat dalam jumlah besar dan disimpan untuk kasus pandemi flu. Antonio Lanzavecchia, peneliti vaksin flu terkemuka di Institute for Research in Biomedicine di Bellinzona, Swiss, mengatakan kepada Science, "Ini adalah riset yang hebat dan menunjukkan kekuatan rekayasa antibodi." [DF]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: