Sama-sama Tabir Surya, Apa Bedanya Sunblock dengan Sunscreen?

TrubusLife
Ayu Setyowati | Followers 0
07 Nov 2018   08:00

Komentar
Sama-sama Tabir Surya, Apa Bedanya Sunblock dengan Sunscreen?

Ilustrasi penggunaan tabir surya pada kulit. (Deposit Photos)

Trubus.id -- Tabir surya adalah salah satu produk skincare yang tak boleh terlewat dalam rangkaian perawatan kulit. Ini karena tabir surya berperan penting dalam melindungi kulit dari faktor kerusakan utama akibat sinar UV matahari. Ada dua jenis tabir surya yang bisa dipilih sesuai kebutuhan, yakni sunscreen dan sunblock. Namun banyak orang yang tak bisa membedakannya. Apa sih perbedaan sebenarnya dan mana yang lebih efektif lindungi kulit?

Sunscreen

Teksturnya ringan dan mudah meresap ke dalam kulit. Jenis tabir surya ini cukup digemari lantaran tidak meninggalkan white cast pada kulit. Namun sayang, sebagian besar produk sunscreen hanya bekerja melapisi kulit dari paparan sinar UVB, radiasi yang menyebabkan kulit memerah dan terbakar. Kandungannya terdiri dari beberapa bahan kimia aktif yang berfungsi mengurangi penyerapan UVB ke lapisan epidermis.

Baca Lainnya : Selamatkan Terumbu Karang, Palau Larang Penggunaan Tabir Surya

Produk sunscreen hanya memiliki kandungan SPF dan yang tertera pada label, yang  menunjukan seberapa besar proteksi yang diberikan untuk menangkal sinar UVB. Artinya, sunscreen tidak dapat melindungi kulit dari radiasi UVA yang menjadi faktor utama penuaan dini. Namun, jika kamu berencana untuk mengaplikasikan riasan wajah full coverage, produk ini akan menghasilkan tampilan kulit yang lebih natural dibandingkan dengan sunblock.

Foto: KUTV

Sunblock

Sunblock bekerja memberikan perlindungan optimal pada kulit dari sinar UVA dan UVB. Selain menyebabkan penuaan pada kulit, radiasi UVA juga meningkatkan risiko penyakit kanker kulit melanoma. Produk sunblock yang disertai oleh kandungan PA+ (biasanya tertera di belakang angka SPF) menunjukkan perlindungan kulit dari UVA.

Tekstur sunblock cenderung lebih tebal dan meninggalkan warna pada kulit. Namun, formulanya mampu bertahan meski kita beraktivitas di dalam air. Kandungan yang terdapat dalam sunblock umumnya adalah mineral seperti zinc oxide serta titanium dioxide, yang bekerja menghalangi UV bahkan sebelum mencapai permukaan kulit.

Bila memiliki jenis kulit yang sensitif, sebaiknya pilih produk sunblock untuk menghindari efek iritasi. Hindari mengenakan alas bedak terlalu tebal jika menginginkan tampilan natural, atau cukup tambahkan concealer. [DF]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          

Diet Detoks Hanya dengan Minum Jus Buah, Amankah?

Hernawan Nugroho   Health & Beauty
Bagikan:          
Bagikan: