Sinar Matahari Pagi Bisa Cegah Stroke dan Sakit Jantung

TrubusLife
Ayu Setyowati | Followers 0
06 Nov 2018   17:30

Komentar
Sinar Matahari Pagi Bisa Cegah Stroke dan Sakit Jantung

Ilustrasi berjemur di bawah sinar matahari. (Beauty Shout Africa)

Trubus.id -- Sinar matahari pagi dikenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Ya, sinar matahari sebelum jam 10 pagi bisa memproduksi vitamin B3. Itu sebabnya, sangat baik untuk membawa bayi yang baru lahir untuk berjemur selama 10 sampai 15 menit setiap pagi.

Ternyata, selain mengandung vitamin dan baik untuk kulit, sinar matahari pagi juga bermanfaat untuk kesehatan jantung hingga pembuluh darah. Ya, sinar matahari dapat memicu produksi vitamin D di dalam tubuh. Sayangnya, banyak orang menghindari sinar matahari karena takut kulit mereka menggelap akibat terbakar sinar matahari atau berisiko terkena melanoma alias kanker kulit.

Menurut sejumlah studi ilmiah, berjemur di bawah sinar matahari pagi dapat membantu menguatkan tulang dan menurunkan risiko serangan jantung serta gangguan pembuluh darah. Jurnal The Archive of Internal Medicine mengungkapkan bahwa, seseorang yang kekurangan vitamin D di dalam tubuhnya berisiko terkena penyakit jantung hingga dua kali lipat.

Baca Lainnya : Sinar Matahari, Cara Tepat Terhindar dari Flu

Vitamin D akan mengikat reseptor sel-sel yang menempel pada dinding pembuluh darah. Berguna untuk mengaktifkan nitrit oksida (NO) yang berfungsi untuk melebarkan dinding pembuluh darah sehingga mengurangi risiko penumpukan plak. Selain itu, vitamin D juga dapat membuat otot jantung lebih kuat sehingga mampu memompa darah secara teratur.

NO juga berfungsi untuk menurunkan risiko peradangan di dalam jantung yang biasa terjadi karena penumpukkan lemak. Lebih dari itu, vitamin D yang dihasilkan oleh sinar matahari pagi bisa mengubah kolesterol menjadi vitamin D3. Dengan seringnya berjemur di bawah matahari pagi, Trubus Mania tak hanya menurunkan risiko penyakit jantung, tapi juga dapat terhindar dari serangan stroke.

So, what are you waiting for? Let’s sunbathing, Trubus Mania! [DF]


 

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: