Tulus Selamatkan Gajah Melalui Gerakan Teman Gajah 

TrubusLife
Astri Sofyanti | Followers 0
06 Nov 2018   09:15

Komentar
Tulus Selamatkan Gajah Melalui Gerakan Teman Gajah 

Tulus bersama gajah (Instagram @tulusm)

Trubus.id -- Tulus, penyanyi yang populer dengan lagunya "Gajah" ini sejak tahun 2017 lalu menggagas gerakan Teman Gajah untuk melestarikan hewan yang banyak diburu gadingnya ini.  

Ide ini  muncul setelah penyanyi 31 tahun itu mengetahui,  terdapat seekor gajah jinak di Taman Nasional Bukit Barisan Selatan yang terbunuh. Melalui gerakan Teman Gajah, Tulus ingin mengajak masyarakat peduli dengan kelangsungan hidup gajah.

Dengan gerakannya tersebut, ia bersama tim Teman Gajah berhasil membeli enam kalung pendeteksi lokasi untuk gajah. Kalung itu dibeli menggunakan uang hasil donasi masyarakat yang terkumpul melalui platform penggalangan dana daring,

"Sekarang ini kita sudah membeli enam unit kalung," ucap Tulus di Jakarta, Senin (5/11) malam.

Baca Lainnya: Awal Mula Tulus Peduli dengan Gajah

Dikatakan Tulus, kalung itu akan dipasangkan di leher gajah-gajah yang berada di Taman Nasional Bukit Barisan Selatan, Lampung, dengan tujuan untuk mendeteksi lokasi arah perpindahan gajah selama berada di hutan.

Dengan adanya alat pelacak tersebut, pergerakan gajah bisa dipantau. Pemasangan kalung ini, diharapkan mampu meminimalisir kemungkinan gajah-gajah menuju atau berada di lokasi konflik yang membahayakan keselamatan satwa bergading tersebut.

"Dari situ saya berpikir nggak bisa diam lagi. Gajah jinak yang ditemukan mati dan dibunuh itu adalah gajah yang membantu saya dan tim dalam proses pembuatan musik video yang berjudul Gajah beberapa tahun yang lalu," ungkapnya.

Melalui gerakannya ini, Tulus bertekad melestarikan populasi gajah, terutama gajah Sumatera. Gagasan tersebut bahkan telah mendapat dukungan penuh dari organisasi non-pemerintah WWF (World Wide Fund for Nature) Indonesia. 

Lewat gerakan tersebut, Tulus dan WWF Indonesia mengajak masyarakat untuk bersama-sama melindungi gajah Sumatera dari kepunahan. Salah satu caranya dengan melakukan penggalangan dana untuk membeli kalung pendeteksi lokasi.

Sampai saat ini, dana yang terkumpul telah mencapai sekitar Rp339 juta, dari total Rp500 juta yang ditargetkan. Jika target itu terpenuhi, Gerakan Teman Gajah berencana untuk membeli empat kalung tambahan, sehingga gajah-gajah Sumatera yang dapat dipantau keberadaannya bisa semakin banyak.

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          

Pretty Asmara Meninggal Dunia

Astri Sofyanti   Selebrity
Bagikan:          
Bagikan: