Pulau Kecil di Pesisir Utara Jepang Lenyap karena Gelombang Air Pasang

TrubusLife
Diah Fauziah
04 Nov 2018   15:00 WIB

Komentar
Pulau Kecil di Pesisir Utara Jepang Lenyap karena Gelombang Air Pasang

Ilustrasi pulau kecil yang hilang di Jepang. (For Your Society)

Trubus.id -- Esanbehana Kita Kojima, sebuah pulau kecil tak berpenghuni di Jepang mungkin telah menghilang karena hayut oleh gelombang air pasang, menurut penjaga pantai. Sebelum hilang, pulau itu terletak hanya 499 meter dari sebuah desa di pantai utara Hokkaido, Jepang.

"Bulan lalu, ada laporan dari penduduk desa yang mengatakan jika mereka tidak bisa lagi melihat tanah yang luas. Karena itu, saya pergi ke sana untuk menyelidiki laporan itu. Dan benar, pulau itu sudah tidak ada," ujar penjaga pantai itu.

Baca Lainnya : Perbaiki Ekosistem yang Rusak, Pantai Maya Bay Thailand Akan Ditutup Lagi

Berdasarkan survei yang dilakukan pada tahun 1987, pulau itu hanya tercatat 1.402, 08 sentimeter di atas permukaan laut. Oleh karena itu, penjaga pantai berteori jika laut dan gumpalan es bisa mengikis apa yang tersisa di atas permukaan laut.

Pulau itu juga diprediksi tidak akan bertahan lama. Esanbehana Kita Kojima adalah satu dari 158 pulau tak berpenghuni yang diberi nama oleh Pemerintah Jepang pada tahun 2014 lalu untuk mendefinisikan batas-batas maritim negara, menurut The Guardian.

Baca Lainnya : Jangan Sentuh Makhluk Laut Ini Saat Kamu Main di Pantai

Menghilangnya Pulau Esanbehana Kita Kojima dapat berdampak pada menyusutnya wilayah laut Jepang. Berdasarkan konferensi U.N. 1982 Hukum Laut, zona ekonomi eksklusif negara (ZEE) di laut sebagai perpanjangan hingga 200 mil laut dari garis pantainya.

Tetapi, hukum internasional hanya mengakui sebuah pulau jika tetap di atas permukaan laut selama air pasang. Dan sekarang, dengan hilangnya satu pulau kecil, ZEE Jepang bisa menjadi beberapa meter lebih kecil. [DF]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Wabah Belalang yang Menyerang Afrika Sekarang Terjadi di Tiongkok

Plant & Nature   24 Feb 2020 - 11:20 WIB
Bagikan:          
Bagikan:          

Makanan Wajib Saat Menderita Flu

Health & Beauty   22 Feb 2020 - 23:15 WIB
Bagikan: