Cara Peneliti Melacak Evolusi Harimau yang Tersisa 6 Jenis di Dunia

Diah Fauziah
04 Nov 2018   06:00 WIB

Cara Peneliti Melacak Evolusi Harimau yang Tersisa 6 Jenis di Dunia

Harimau sumatra. (Istimewa)

Trubus.id -- Para peneliti mengonfirmasi jika saat ini tersisa enam subspesies harimau di dunia. Enam harimau tersebut ada di wilayah Bengal, Amur, China Selatan, Sumatra, Indochina dan Malaya. Jumlah keseluruhan dari enam jenis harimau tersebut kurang dari 4.000 ekor.

Penelitian dilakukan dengan melacak evolusi spesies harimau menggunakan genetika dari habitatnya di alam liar. Dilanjutkan dengan menganalisis genom dari 32 spesies harimau. Hasilnya, cuman ada enam jenis harimau yang saat ini tersisa di alam liar di seluruh dunia.

Studi yang dipublikasikan di jurnal Current Biology ini juga menemukan jika pola genetik harimau sangat terstruktur. Artinya, setiap jenis harimau memiliki sejarah evolusi yang berbeda. Harimau sumatra yang memiliki bentuk tubuh kecil punyan gen ADH47 lantaran hidup di wilayah dengan mangsa berukuran tidak besar.

Baca Lainnya : Begini Cara Nepal Meningkatkan Populasi Harimau Liar di Hutan

"Tidak semua harimau sama. Secara evolusi, harimau dari Rusia berbeda dengan India. Bahkan, harimau dari Malaysia dan Indonesia juga berbeda. Mereka mewakili keajaiban alam yang berasal dari evolusi, divergensi dan adaptasi jangka panjang," kata Shu Jin Luo, peneliti.

Lantaran populasi harimau semakin terancam, Shu dan peneliti lain merekomendasikan agar enam jenis harimau yang tersisa ini segera diklasifikasikan dan dilindungi sebagai entitas terpisah.

Baca Lainnya : Akhirnya, Anak Harimau Benggala Putih yang Kembar Tiga Dikenalkan ke Publik

Di habitat aslinya, harimau dari China Selatan sudah punah. Tersisa 150 ekor di penangkaran. Begitu juga dengan harimau di Indochina yang saat ini berada di ambang kepunahan.

"Ada banyak penyebab populasi harimau di seluruh dunia terus menurun, misalnya hilangnya habitat dan perburuan liar. Ditambah dengan pembangunan dan lahan pertanian yang semakin mendesak habitatnya," ucap Shu. [DF]