Unik Banget, Ada Es Krim Rasa Tiram dan Tinta Cumi di Jepang

TrubusLife
Ayu Setyowati | Followers 0
02 Nov 2018   09:30

Komentar
Unik Banget, Ada Es Krim Rasa Tiram dan Tinta Cumi di Jepang

tiram okonomiyaki (soranews24)

Trubus.id -- Di Jepang selalu ada yang unik, termasuk untuk urusan kuliner es krim. Ada banyak kreasi es krim unik yang wajib coba jika kamu sedang melancong ke sana. Bentuknya boleh biasa, tapi rasanya belum tentu ada di tempat lain - karena berbahan dasar hasil laut. 

Berikut 5 kreasi es krim unik di Jepang yang sayang untuk dilewatkan.  

Tiram okonomiyaki 

Kreasi es krim yang satu ini ada di seafood market, Gomi no Ichi wilayah Prefektur Okayama. Prefektur Okayama memang terkenal akan kelezatan tiramnya. Menu khas dari wilayah itu bernama 'Kaki Oko' alias tiram okonomiyaki. Kepopulerannya disusul oleh dessert bernama 'Fried Oyster Ice Cream'. Dessert itu berisi es krim vanilla ber-topping tiram goreng tepung. Ada cara khusus untuk menikmati es krim ini, yakni dengan mencocol tiram goreng tepung ke dalam es krim vanilla. Setidaknya begitu yang disarankan si penjual. Satu porsi es krim tiram goreng dibanderol sebesar 300 yen (Rp40 ribu).

Es krim whitebait

Dilihat dari bentuknya saja kamu pasti tahu bahan apa yang dijadikan topping es krim ini. Es krim ini bertopping whitebait, yang merupakan ikan kecil mirip teri yang biasa dicampurkan dalam sajian khas Jepang. Ikan ini sering dicampur dengan sedikit kecap dan mirin lalu dimakan dengan nasi. Walau terlihat aneh, kreasi es krim ini punya rasa yang unik, loh. Es krim ini milik Shirasu Restaurant Tobiccho di Fujisawa. Di sana, ada beragam hidangan berbahan dasar whitebait lainnya

Es krim mozuku 

Mozuku merupakan jenis rumput laut yang memiliki tekstur unik dan kenyal dengan warna cokelat. Mozuku populer di beberapa restoran di Okinawa, yang biasa diolah dengan berbagai cara. Mulai dari digoreng, dikeringkan, direbus dan juga dapat dinikmati dalam keadaan mentah atau segar. Karena rendah kalori, mozuku akhirnya dipadukan dengan es krim. 

Es krim tinta cumi 

Es krim tinta cumi (Foto: soranews24)

Tak hanya dijadikan paduan menu gurih pada menu masakan, tinta cumi juga dijadikan bahan pembuatan es krim di Jepang. Es krim bercitarasa tinta cumi ini milik Hokkaido Farm di Prefektur Hokkaido. Wilayah Hakodate di paling utara Prefektur Hokkaido sendiri terkenal karena hidangan lautnya. Kemudian Hokkaido Farm akhirnya menemukan cara efektif untuk mengawinkan boga bahari Hokodate dengan produk susu berkualitas di Hokkaido. Sehingga terciptalah es krim rasa tinta cumi berwarna hitam ini. 

Es krim kerang 

Di Prefektur Aomori ada es krim rasa hotate alias kerang. Bentuknya terlihat biasa saja. Itu karena kerangnya sudah dicampur dengan susu, dengan harga satu porsi es krim scallop cone dibanderol sebesar 200 yen (Rp26 ribu). Murah, ya. Berdasarkan kabar dari SoraNews24, rasa es krim ini di luar dugaan. Rasanya manis sekaligus gurih khas kerang, meski rasa kerang tak terlalu tajam. Pihaknya juga menyadari bahwa ternyata kerang sangat cocok dipadukan dengan susu. [NN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Daur Ulang Sampah Ternyata Berbahaya Bagi Lingkungan

Thomas Aquinus   Health & Beauty
Bagikan:          

7 Manfaat Kesehatan dari Si Mungil Daun Ciplukan

Thomas Aquinus   Health & Beauty
Bagikan:          
Bagikan: