Awas, Tikus Bisa Sebabkan Penyakit Pes Mendadak

TrubusLife
Ayu Setyowati | Followers 0
01 Nov 2018   11:30

Komentar
Awas, Tikus Bisa Sebabkan Penyakit Pes Mendadak

Ilustrasi, tikus (Istimewa)

Trubus.id -- Hama hewan tak hanya mengganggu, tapi juga bisa menyebabkan penyakit. Salah satu hama hewan yang biasa ditemukan di rumah-rumah adalah tikus. Keberadaan hewan pengerat ini kerap dikaitkan dengan sejumlah gangguan penyakit, salah satunya pes, yakni demam yang datang tiba-tiba.

Penyebaran penyakit lewat tikus bisa melalui kontak langsung, air kencing, air liur, ataupun gigitan. Tanpa kontak langsung, penyebaran penyakit pes ternyata juga bisa disebarkan melalui kutu atau tungau yang telah memakan tikus yang terinfeksi tersebut.

Baca Lain: Jaga Sawah dari Hama Tikus, Petani Probolinggo Pekerjakan Burung Hantu

Mengutip Halodoc, ada tiga jenis pes yang dibedakan atas penyebaran organnya, yaitu bubonic, septicemic, dan pneumonic. Gejala ketiganya ditandai dengan demam tinggi dan kelemahan ekstrem. 

Untuk pes jenis bubonic lebih spesifik ditandai dengan kelenjar getah bening yang bengkak dan nyeri. Sementara gejala pes septicemic ditandai dengan sakit perut, tubuh mengalami syok, serta perdarahan kulit dan organ lainnya. Sedangkan untuk pes jenis pneumonic disertai dengan kegagalan pernapasan dan tubuh yang mengalami syok. 

Orang yang terinfeksi pes biasanya mengembangkan gejala mirip flu sekitar 2—6 hari setelah terinfeksi. Ada gejala lain yang dapat membantu membedakan ketiga bentuk pes ini.

Gejala Pes Bubonic

Gejala pes ini, antara lain:

  • Demam dan menggigil
  • Sakit kepala
  • Nyeri otot
  • Badan terasa lemah
  • Kejang

Mungkin juga mengalami pembengkakan kelenjar getah bening yang menyakitkan dan biasanya muncul di selangkangan, ketiak, leher atau tempat gigitan.

Gejala Pes Septicemic

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          

Minuman Bubble Tea Tak Menyehatkan, Ini Faktanya

Astri Sofyanti   Health & Beauty
Bagikan:          
Bagikan: