Tak Sekadar Pembersih Udara, Tanaman Hias Ini Juga Menghidrasi Kulit

TrubusLife
Ayu Setyowati | Followers 0
24 Okt 2018   20:30

Komentar
Tak Sekadar Pembersih Udara, Tanaman Hias Ini Juga Menghidrasi Kulit

indoor houseplant (decoracion)

Trubus.id -- Tinggal di daerah tropis dengan paparan sinar matahari yang cenderung ‘galak’ dan terlalu lama berada di ruangan ber-AC membuat kulit jadi lebih mudah kehilangan cairan alias dehidrasi. Tahukah kamu tanaman hias bisa menjadi solusinya? 

Tanaman hias yang biasa diletakkan di dalam ruangan (indoor houseplant) tak sekadar berfungsi sebagai hiasan saja, namun ternyata bisa bermanfaat untuk melembapkan kulit kering dan menghidrasinya secara alami. Bagaimana bisa? 

Melansir CNN, penelitian terbaru mengenai manfaat tanaman hias dari The Royal Horticultural Society (RHS) menyatakan bahwa terdapat beberapa tumbuhan yang baik untuk kulit.

Baca Lainnya : Bintaro, Ternyata Akar, Daun, Kulit dan Bijinya Bermanfaat untuk Kesehatan

Studi tersebut menemukan bahwa bunga dan tanaman semak tertentu dapat mencegah pengeringan melalui proses transpirasi atau terlepasnya uap air melalui daun pada tumbuhan. Dalam proses transpirasi itu, tanaman mengeluarkan air lewat stomata. Hasilnya, ruangan tempat tanaman hias itu berada menjadi lebih lembap dan berpengaruh pada kulit.

"Tanaman merupakan cara sederhana dan terjangkau untuk mengurangi kekeringan udara di dalam ruangan dan meringankan gejala kulit kering, juga memberikan banyak manfaat lain untuk kesehatan jiwa dan fisik," kata kepala ilmuwan hortikultura RHS, Tijana Blanusa.

Peneliti merekomendasikan tumbuhan dengan tingkat transpirasi yang tinggi, serta tanaman dengan kanopi besar dan mengeluarkan air yang banyak, yang tentunya bermanfaat baik untuk kulit.

Baca Lainnya : 5 Khasiat Kulit Melinjo bagi Kesehatan Tubuh

"Tergantung pada jenis tanaman, ukuran, dan kondisi di dalam ruangan, tanaman dapat kehilangan sebanyak beberapa ratus mililiter air per meter persegi luas daun," kata Blanusa.

Menurut studi ini, tanaman yang paling efektif adalah bunga lili yang dapat menguap setara dengan satu cangkir air per hari. Namun, Blanusa menyebut ada banyak tanaman hias lain yang bisa digunakan.

peace lily (Foto: Patch)

Diberitakan pula oleh The Independent, selain bermanfaat untuk kulit, tanaman hias di dalam ruangan ini juga dapat membuat udara bersih dan bebas dari hal-hal yang menyebabkan alergi.

Baca Lainnya : 5 Manfaat Sehat Sayuran Pahit

Peneliti menjelaskan, tanaman dapat menangkap debu di dalam ruangan, juga sejumlah senyawa kimia di cat dan perabotan, serta gas yang keluar saat memasak dan menghidangkan makanan. Tanaman membutuhkan zat ini untuk bernapas dan mengeluarkan udara yang sehat dari proses respirasi tumbuhan. 

Tunggu apa lagi, hiasi setiap ruangan di rumahmu dengan indoor houseplant sekarang juga. [NN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          

Pretty Asmara Meninggal Dunia

Astri Sofyanti   Selebrity
Bagikan: