Bintaro, Ternyata Akar, Daun, Kulit dan Bijinya Bermanfaat untuk Kesehatan

TrubusLife
Karmin Winarta
21 Okt 2018   13:00 WIB

Komentar
Bintaro, Ternyata Akar, Daun, Kulit dan Bijinya Bermanfaat untuk Kesehatan

Pohon Bintaro (Istimewa)

Trubus.id -- Bintaro, nama ini lebih populer sebagai kawasan perumahan elit di Jakarta  meski lokasi sebenarnya kebanyakan d Tangerang. Namun bintaro sebenarnya adalah nama sebuah tanaman. Bagi Trubus Mania yang belum tahu pohon Bintaro (Cerbera manghas) bisa mengecek di pinggir-pinggir jalan, ditanam sebagai peneduh.

Pohon ini bisa mencapai tinggi 25 meter dengan diameter batang mencapai 70 cm.Daunnya hijau mengkilat seperti dilapisi lilin. Saat berbunga, bintaro memunculkan bunga warna putih bersih. Bentuk buahnya bulat berwarna hijau kemerahan, mirip apel hijau dengan diameter sekitar 6-8 cm.

Baca Lainnya: Kecombrang, Tanaman Rempah yang Bermanfaat Obat

Pohon Bintaro selain dipakai sebagai pohon peneduh, ternyata juga mampu mengobati beberapa penyakit. Kitab Tumbuhan Obat menulis, tanaman ini mampu menyembuhkan gatal-gatal dan rematik dan bisa juga dimanfaatkan sebagai obat pilek. Karena biji, daun, akar dan kulit kayu Bintaro mengandung asa palmitat, asa stearat, asam oleat dan asam linoleat.

Sebagai obat untuk mengobati pilek, rematik dan gatal-gatal, ambil biji bintaro dan juga buah mudanya, peras sampai keluar minyaknya. Gunakan minyak tersebut untuk mengobati penyakit tersebut di atas.  

Trubus Mania mau mencoba?

 

 

 

 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          

Hati-Hati, 8 Penyakit Ini Ditandai dengan Keringat Dingin

Health & Beauty   19 Jan 2020 - 17:35 WIB
Bagikan: