Polusi Udara Bisa Menyebabkan Krisis Pangan?

TrubusLife
Diah Fauziah
17 Okt 2018   20:00 WIB

Komentar
Polusi Udara Bisa Menyebabkan Krisis Pangan?

Ilustrasi. (Medium)

Trubus.id -- Tidak sekadar berisiko terhadap saluran pernapasan, polusi udara juga bisa mengakibatkan kualitas makanan yang dikonsumsi manusia menjadi buruk. Hal tersebut diungkapkan para peneliti dari Universitas Washington di Amerika Serikat.

Sebelumnya, peneliti dari Center for Health and the Global Enviroment mempublikasikan risetnya di Nature. Mereka menemukan fakta bahwa meningkatnya kadar karbon dioksida bisa mengurangi nutrisi pada bahan pangan nabati, di antaranya padi dan sayuran.

Baca Lainnya : Prihatin, Hampir Semua Pohon di Eropa Malnutrisi karena Polusi

Sebenarnya, tanaman bisa mendaur ulang karbon dioksida saat melakukan fotosintesis. Namun, jika karbon dioksida terlalu banyak, bisa menyerap ke dalam jaringan yang mengakibatkan rusaknya kandungan nutrisi bahan pangan nabati.

Karbon dioksida yang meningkat hingga 550 parts per million (ppm) bisa mengakibatkan 175 juta tanaman kekurangan zinc dan 122 juta tanaman kekurangan protein di seluruh dunia.

Baca Lainnya : Hujan Asam Akibat Polusi Udara Hasilkan Tanah Longsor Fatal

"Jika dibiarkan, bisa menyebabkan krisis pangan dalam 100 tahun ke depan," kata peneliti di jurnal Nature.

Sebelumnya, penelitian yang dirilis oleh PLOS Medicine pada Juli 2018 mengungkapkan jika populasi tanaman di seluruh dunia akan mengalami penurunan hingga 126 juta pada tahun 2020 mendatang. Penyebabnya karena tingginya karbon dioksida di udara dan menurunnya kandungan zat besi dan zinc pada tanaman. Menurut penelitian tersebut, wilayah yang terdampak parah ialah negara-negara di Asia dan Afrika. [DF]

 

  

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: