Pulau Tilos di Yunani Jadi yang Pertama Pakai 100 Persen Energi Terbarukan

TrubusLife
Ayu Setyowati
15 Okt 2018   19:31 WIB

Komentar
Pulau  Tilos di Yunani Jadi yang Pertama Pakai 100 Persen Energi Terbarukan

Pulau Tilos di Yunani. (Greece Is)

Trubus.id -- Pulau Tilos di Yunani mendekati kemandirian energi 100 persen dengan menggunakan sumber terbarukan dari bantuan pendanaan Uni Eropa. Investasi tersebut telah membantu pulau tersebut mendirikan proyek TILOS (Technology Innovation for the Local Scale, Optimum Integration of Battery Energy Storage), yang akan menjadikan daratan Yunani sebagai pulau pertama di Mediterania mencapai kemandirian energi dengan menggunakan energi terbarukan.

Pulau Tilos yang terletak di Laut Aegea adalah rumah bagi 500 orang penduduk. Pada musim panas, pulau ini dikunjungi turis dari seluruh dunia. Meskipun integrasi terbarukan masih skala kecil, Pulau Tilos memperoleh pengakuan internasional untuk penerapan sistem energi surya dan angin.

Baca Lainnya : Energi Terbarukan dari Tenaga Surya dan Angin Tidak Cocok untuk Indonesia, Ini Alasannya

Awalnya, Pulau Tilos menerima listrik melalui kabel bawah laut yang terhubung ke Pulau Kos di dekatnya. Pembangkit listrik diesel terbukti tidak dapat diandalkan karena aktivitas tektonik yang menyebabkan pemadaman listrik untuk kedua pulau. Selain masalah ketergantungan terhadap bahan bakar fosil, pemadaman jaringan listrik yang ada mengganggu sumber pendapatan utama pulau tersebut.

Sistem hibrida yang mengambil alih kebutuhan energi pulau mencakup turbin angin 800-kW dan sistem fotovoltaik surya 160-kW. Bersama dengan kapasitas penyimpanan baterai 2,4 MWh, penduduk pulau dan para turis akan mendapatkan keuntungan dari pasokan energi yang konsisten dan akan beroperasi tanpa memandang kondisi cuaca atau waktu.

Baca Lainnya : Di Kabupaten Boalemo, Potensi Aren Dikembangkan Jadi Energi Terbarukan

Para ahli mengatakan proyek ini sangat efisien sehingga Pulau Kos yang berbasis minyak akan segera mengimpor energi dan bukan memasoknya. Menurut mitra proyek, TILOS akan menetapkan dasar untuk pengembangan masa depan dan replikasi sistem hibrida serupa di wilayah pulau dan komunitas terpencil yang menghadapi masalah erhubungan dengan energi.

Negara-negara lain dengan pulau yang berpartisipasi dalam proyek ini adalah Jerman (Pellworm), Portugal (La Graciosa) dan Prancis (Corsica). Sebuah flyer untuk ekstensi TILOS yang berbasis di Jerman menjelaskan, “Ide keseluruhannya adalah menciptakan platform khusus yang memungkinkan transfer teknologi antar pulau dengan memanfaatkan pengalaman yang diperoleh dari sistem grid cerdas Pellworm. Aakan menunjuk peluang baru untuk pengembangan sistem serupa di pulau lain.” [DF]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Ilmuan Ungkap Resep Rahasia Alam Dalam Pembentukan Daun Tanaman

Plant & Nature   22 Nov 2019 - 15:13 WIB
Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: