Waduh, Peternakan Jadi Kambing Hitam Kerusakan Atmosfer Bumi

TrubusLife
Diah Fauziah | Followers 0
11 Okt 2018   23:00

Komentar
Waduh, Peternakan Jadi Kambing Hitam Kerusakan Atmosfer Bumi

Peternakan sapi di Swiss. (Trubus.id/ Diah Fauziah)

Trubus.id --  Berdasarkan penelitian yang diterbitkan pada Rabu (10/10) di jurnal Nature, para ilmuwan mengatakan jika semua negara di dunia harus mengurangi 90 persen konsumsi daging.

Menurut peneliti, industri makanan berperan besar terhadap kerusakan lingkungan hingga 90 persen pada pertengahan abad. Tidak heran jika mereka menyerukan semua orang untuk lebih banyak mengonsumsi makanan dari nabati.

Baca Lainnya : Pro-Kontra 789 Peternakan Besar di Inggris

Bahkan, para peneliti mengungkapkan jika peternakan menimbulkan ancaman hingga tiga kali lipat terhadap atmosfer Bumi. Bagaimana pun, hewan menghasilkan metana dalam jumlah besar. Ditambah dengan hilangnya hutan yang menyerap karbon lantaran ditebang untuk mengakomodasi area penggembalaan hewan ternak.

Selain itu, peternakan membutuhkan jumlah air yang sangat besar. Diperkirakan, butuh 7.000 liter air untuk 500 gram daging sapi.

Baca Lainnya : Sadis, Penyiksaan Ayam Terjadi di Peternakan Kanada

"Mengurangi separuh jumlah makanan yang terbuang atau hilang dari pengelolaan buruk bisa mengurangi dampak perubahan lingkungan hingga 16 persen," kata Marco Springmann, peneliti dari Oxford Martin Programme on the Future of Food and the Nuffield Department of Population Health di Universitas Oxford, Inggris.

Marco mengatakan, "Jika semua orang melakukan perubahan terhadap pola makan dengan mengonsumi makanan nabati yang sehat, bisa dipastikan jika peternakan semakin berkurang dan bisa mengurangi dampak pemanasan global secara keseluruhan."

Namun, sepertinya penelitian ini masih memerlukan penelitian lanjutan. Setuju tidak, Trubus Mania? [DF]

 

 

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: