Jangan Makan Daging kalau Mau Menyelamatkan Iklim

TrubusLife
Diah Fauziah | Followers 0
11 Okt 2018   18:00

Komentar
Jangan Makan Daging kalau Mau Menyelamatkan Iklim

Ilustrasi. (Nonprofit Chronicles)

Trubus.id -- Semua orang di seluruh dunia harus secara drastis mengurangi konsumsi daging jika ingin menghindari dampak perubahan iklim. Ya, studi terbaru peneliti yang dilakukan pada Rabu (10/10) mengungkapkan jika apa yang kita makan memengaruhi lingkungan.

Tidak tanggung-tanggung, asupan daging yang harus dikurangi sebanyak 90 persen untuk mempertahankan 10 miliar manusia tetap hidup pada tahun 2050 mendatang. Produksi pangan menjadi penyumbang utama perubahan iklim. Studi yang diterbitkan di jurnal Nature tersebut mengungkapkan pandangan paling komprehensif betapa buruknya pertanian bagi Bumi.

Baca Lainnya : Suhu Bumi Meningkat, Tersisa 12 Tahun untuk Atasi Perubahan Iklim

Semakin banyak manusia yang mengonsumsi daging, industri makanan berperan besar terhadap kerusakan lingkungan hingga 90 persen pada pertengahan abad. Ditambah dengan peningkatan tajam populasi global yang diprediksi akan menghancurkan kemampuan manusia untuk secara efektif memberi makan dirinya sendiri.

Oleh karena itu, para ilmuwan menyerukan semua orang untuk lebih banyak mengonsumsi makanan dari nabati dan juga memperbaiki praktik pertanian dengan bantuan teknologi untuk mengatasi beban.

"Tidak ada solusi yang cukup baik untuk menghindari dampak perubahan iklim," kata Marco Springmann, peneliti dari Oxford Martin Programme on the Future of Food and the Nuffield Department of Population Health di Universitas Oxford, Inggris.

Baca Lainnya : Niat Indonesia Jadi Negara Percontohan Perubahan Iklim

Marco melanjutkan, "Ketika solusi yang ada diterapkan secara bersama, penelitian kami menunjukkan cara ini bisa menghindari dampak berkelanjutan perubahan iklim."

Meningkatnya populasi manusia, pendapatan dan urbanisasi akan mendorong peningkatan 78 persen dalam permintaan daging dan makanan laut sejak 2017 hingga 2050.

Para ahli berpendapat bahwa mengurangi konsumsi daging menjadi cara yang nyata jika semua orang bahwa bisa melakukan sesuatu untuk Bumi. Bahkan, ketika para pemimpin dunia masih berdisuksi tentang apa yang harus dilakukan untuk mengendalikan perubahan iklim.

Bagaimana Trubus Mania, apakah kalian menerapkan gaya hidup vegan? [DF]

 


 

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: