Sayuran yang Ditanam dan Dipanen Sendiri Terbukti Lebih Sehat 

TrubusLife
Ayu Setyowati | Followers 0
10 Okt 2018   21:30

Komentar
Sayuran yang Ditanam dan Dipanen Sendiri Terbukti Lebih Sehat 

Bertanam sayuran sendiri di rumah (Bob's Market & Greenhouse)

Trubus.id -- Tren bertani dan menanam sayuran sendiri seperti microgreens atau pun hidroponik sudah saatnya lebih digalakkan. Pasalnya, bahan makanan yang ditanam dan dipanen sendiri terbukti lebih aman dan lebih sehat. 

Baca Lainnya : Begini Cara Budidaya Microgreens, Sayuran Bayi yang Bisa Jadi Peluang Usaha

Memang, akan lebih mudah mendapatkan bahan makanan di pasar atau pasar swalayan terdekat. Namun, para peneliti menemukan jika bahan makanan yang beredar di pasaran sangat mungkin mengandung pestisida berlebih, ditanam dengan rekayasa genetika, suntikan hormon, antibiotik dan cara penanaman terkini yang diklaim lebih unggul dan berkualitas. Padahal faktanya, cara tanam yang menggunakan beberapa zat kimia bisa menimbulkan beragam bahaya buat kesehatan.

Sementara itu, jika menanam sendiri, kita sebagai pemilik tanaman bisa mengetahui dengan lebih baik apakah sayuran tersebut sudah siap panen atau belum. Tentu, kita lebih bisa mengontrol penggunaan pestisida pada tanaman. Selain itu, bercocok tanam juga diklaim bisa membantu meredakan stres, loh.

Baca Lainnya : 7 Buah yang Sering Dianggap Sayuran

Memang, tidak semua bahan makanan yang dijual di pasaran berbahaya buat kesehatan. Selama kita mengolah bahan makanan tersebut dengan baik dan selalu mencucinya sampai bersih setiap kali hendak dikonsumsi, zat kimia yang menempel di bahan makanan tersebut bisa dihilangkan.

Jika punya cukup banyak waktu luang dan lahan, tak ada salahnya mencoba menanam bahan makanan sendiri di rumah. Bahan makanan yang bisa ditanam sendiri antara lain adalah sayur bayam, sawi, kacang panjang, terong, bawang bombai, seledri, cabai, daun bawang, bunga kol dan sejenisnya. [DF]


 

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          

Kantong Teh Celup Bisa Memicu Sel Kanker?

Ayu Setyowati   Health & Beauty
Bagikan:          
Bagikan: