Pola Diet Vegetarian Sebabkan Kondisi Kulit Memburuk?

TrubusLife
Ayu Setyowati
09 Okt 2018   19:00 WIB

Komentar
Pola Diet Vegetarian Sebabkan Kondisi Kulit Memburuk?

Makanan vegan. (Vegetarian Times)

Trubus.id -- Variasi dan jenis makanan semakin beragam. Sekarang, mau makan apa saja sudah bisa tersedia, termasuk sayur dan buah yang dapat diolah menjadi makanan lezat penggugah selera. Kemudahan ini memperkuat minat untuk hidup sehat dengan menjadi vegetarian. Namun ternyata, pola makan tersebut bisa berdampak buruk bagi kulit loh. Benarkah?

Setelah menjalani program selama 2 minggu, beauty blogger sekaligus pemilik produk kecantikan Soko Glam, Charlotte Cho, memaparkan bahwa kulitnya mengalami efek samping mengejutkan. Meskipun Charlotte merasakan hasil detoksifikasi positif pada metabolisme tubuh, kulitnya malah ditumbuhi jerawat di bagian wajah yang selama ini jarang mengalami masalah.

“Saya mulai mengalami bintik-bintik kecil seperti jerawat di bagian yang jarang bermasalah seperti dahi dan di atas bibir. Secara normal, saya memiliki masalah dengan jerawat hormonal pada area garis rahang,” kata Charlotte kepada TheKlog.

Baca Lainnya : Pelaku Vegan Rentan Kekurangan Vitamin B12

Perempuan berdarah Korea Selatan dan Amerika Serikat ini mengaku sudah mendengar beberapa peringatan mengenai perubahan kulit saat berencana menjalankan pola makan vegetarian. Namun, ia tak menyangka bahwa hasilnya begitu drastis.

Brooke Alpert, MS, RD, CDN selaku ahli nutrisi menjelaskan kemungkinan munculnya jerawat saat menjalankan pola vegetarian karena mengganti asupan daging dengan gula atau karbohidrat olahan. Mengonsumsi kedua bahan tersebut secara berlebihan dapat memicu peningkatan produksi jerawat.

Baca Lainnya : Terungkap, Bahaya Pola Makan Vegan dan Vegeterian

Perubahan pola makan yang drastis bisa memberikan pengaruh bagi kulit seperti jerawat, inflamasi, kemerahan dan pembengkakan. Setiap masalah yang dihadapi diakibatkan oleh penyebab berbeda, di mana jerawat tidak selalu mengarah pada kelebihan gula.

Jika Trubus Mania berencana melakukan pola vegetarian, mulailah dengan melakukan konsultasi ke ahli nutrisi. Selain mengatur asupan yang sesuai dengan metabolisme tubuh, jangan lupa memberitahu riwayat mengenai permasalahan kulit dan alergi yang kalian punya. Bila merasakan kejanggalan selama menjalankan program, lakukan diet eliminasi untuk menghindari komplikasi di kemudian hari. [DF]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          

Sama Seperti Rokok, Polusi Udara Juga Meningkatkan Risiko Keguguran

Health & Beauty   23 Mei 2020 - 23:24 WIB
Bagikan: