Kandungan Omega-3 Ikan Lele Dianjurkan untuk Perkembangan Otak Anak

TrubusLife
Diah Fauziah | Followers 0
09 Okt 2018   11:30

Komentar
Kandungan Omega-3 Ikan Lele Dianjurkan untuk Perkembangan Otak Anak

Ikan lele. (YouTube)

Trubus.id -- "Makan Ikan." Itulah slogan yang sering digemborkan oleh Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti. Kalimat tadi memang benar adanya. Ikan yang kaya akan gizi sangat dianjurkan untuk dikonsumsi semua kalangan, terutama anak-anak. Hampir semua jenis ikan memiliki nutrisi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan anak-anak.

Lele salah satunya. Selain omega-3 dan omega-6, lele mengandung lemak sebesar 1,1 gram per 100 gram, protein 18,7 per 100 gram; vitamin B1 sebesar 0,1 mg; vitamin B2 0,05 mg; dan 30 miligram fosfor dalam 100 gram ikan lele. Kandungan tersebut merupakan 20 persen atau lebih dari nilai gizi harian yang dianjurkan oleh Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA).

Kandungan omega-3 bermanfaat untuk perkembangan otak anak seperti meningkatkan kecerdasan, daya ingat, intelektual, perkembangan otak dan struktur pada bayi serta anak. Lain halnya dengan vitamin B, dapat membantu perkembangan otak dan mengaktifkan fungsi otak yang akhirnya meningkatkan memori seseorang.

Baca Lainnya: Ikan Lele, Makanan Padat Nutrisi Kaya Omega-3 untuk Diet

Sementara ahli gizi Dr Achmad Subagio menjelaskan jika dalam jumlah tertentu, kandungan gizi lele setara dengan daging sapi.

"Jika dikonsumsi dalam jumlah tertentu, ikan lele mengandung gizi yang setara daging sapi. Daging ikan lele mengandung poli asam lemak tidak jenuh dari omega-3 dan omega-6. Asam lemak tidak jenuh harus diperoleh dari makanan lantaran tidak disintesa tubuh," urainya Achmad.

Kandungan lemak di ikan lele jauh lebih rendah dibandingkan daging sapi atau ayam. Hanya 2 gram saja. Itulah kenapa, daging ikan lele lebih sehat untuk dikonsumsi masyarakat. Apalagi, daging ikan lele mengandung protein dengan kada lisin dan leusin lebih tinggi daripada daging sapi.

Baca Lainnya : Di Bagian Inilah Kandungan Omega-3 Ikan Patin Paling Banyak

Leusin sangat diperlukan untuk pertumbuhan anak-anak serta menjaga keseimbangan nitrogen pada orang dewasa.

"Leusin juga berguna untuk pembentukan protein otot. Lain halnya lisin, diperlukan tubuh untuk proses pertumbuhan," kata Prof. Dr. Made Astawan, ahli teknologi pangan dan gizi. [DF/SN]

 

 

 

  

 

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: