Mengintip Rahasia Perawatan Chelsi, Burung Lovebird Jawara Seharga Rp30 Juta

TrubusLife
Syahroni | Followers 0
09 Okt 2018   09:00

Komentar
Mengintip Rahasia Perawatan Chelsi, Burung Lovebird Jawara Seharga Rp30 Juta

Chelsi, burung lovebird besutan Laskar Cipadu BC seharga Rp30 juta. (Doc/ Laskar Cipadu BC)

Trubus.id -- Merawat burung lovebird memang bukan perkara sulit. Namun untuk merawat burung ini agar bisa menjuarai berbagai lomba tentunya bukan perkara yang mudah. Dibutuhkan ketelatenan yang tinggi agar bisa mengorbitkan seekor burung lovebird menjadi juara di berbagai even lomba.

Hal yang sama juga dilalui Firman alias Gebon. Perjalanan panjang merawat lovebird yang ia beri nama Chelsi ini tidak tidak semulus jalan tol yang banyak dibangun di era presiden Jokowi. Namun berkat konsistensinya yang tinggi, Chelsi kini memiliki segudang prestasi.

Firman usai menjuarai lomba burung bersama Chelsi. (Foto: Laskar Cipadu BC)

Kepada Trubus.id, Firman yang tergabung dalam Laskar Cipadu BC ini cerita, tidak mudah merawat burung lovebird berwarna biru yang usianya sudah masuk kategori tua ini. Selain karena warna biru yang identik sulit distabilkan birahinya, Chelsi juga membutuhkan perawatan khusus agar bisa stabil ketika dilombakan.

"Lovebird warna hijau lebih stabil birahinya. Kalo main lovebird biru agak susah jaga birahinya biar stabil. Apalagi burung sudah tua kayak Chelsi ini," terang Firman belum lama ini.

Saat ini, Chelsi sudah berusia sekitar 4 tahun. Biasanya, burung lovebird di usia seperti Chelsi sudah banyak yang pensiun dan mulai ditangkarkan pemiliknya. Namun hal itu tidak berlaku untuk burung yang pernah ditawar hingga Rp30 juta ini.

Menurut Firman, Chelsi tidak pernah dikawinkan. Namun demikian, setiap tahunnya burung ini tetap bertelur karena faktor hormonal yang disebabkan oleh pakan yang ia konsumsi. 

"Yah tiap tahun tetap nelur. Tapi telur pakan. Belum pernah dikawinkan," jelas Firman lagi.

Untuk menjaga birahi Chelsi agar tetap stabil hingga di usianya sekarang, Firman mengaku rutin mengikutsertakannya di beragam lomba burum mulai dari tingkat latber (Latihan bersama), Latpres (Latihan prestasi) hingga lomba kelas nasional.

Chelsi, burung lovebird besutan Firman alias Gebon dari Laskar Cipadu BC. (Foto: Laskar Cipadu BC)

"Kalau burung tua harus sering digantang dengan burung berdurasi panjang, biar stabil durasi ngekeknya (berkicau)," terang Firman.

Firman membocorkan, agar stabil birahinya, setiap hari Chelsi mandi sendiri di tempat minum (cepuk) yang telah disediakan setiap paginya setelah sebelumnya diembunkan sejak pukul 5 pagi. Baru ketika malam tiba, Chelsi mandi dengan cara disemprot menggunakan spray halus untuk menjaga birahinya tetap stabil.

Untuk pakan sendiri, sehari-hari Chelsi hanya mengonsumsi milet polos. Namun baru ketika akan digantang di arena perlombaan, Chelsi diberi jagung manis sebanyak 3-5 butir sebagai penambah tenaga. Namun 1 hari sebelum dilombakan, Chelsi harus benar-benar beristirahat dengan cara dikrodong total.

"Harian Chelsi pakai kandang baterai (Kandang kotak untuk ternak lovebird berukuran 60x40 cm). Baru kalau mau lomba pindah ke kandang kapsul. Setting (menyiapkan) sebelum lomba juga cuma pakai jagung manis 3-5 butir disuapin. Tapi pagi sebelum dilombakan tetap dia mandi sendiri di cepuknya," terangnya lagi.

Sebagian kecil tropi yang sudah diraih Chelsi. (Foto: Laskar Cipadu BC)

Firman mengaku, dulu Chelsi di take over atau dibeli dari pemain lomba di kawasan Tangerang. Saat itu Chelsi diboyong dengan harga Rp10 juta. Durasi ngekek atau bunyi yang kerap dikeluarkan di gantangan atau lomba kala itu baru mencapai 30-50 detik. Namun ia rajin mengeluarkan ngekek panjangnya itu.

Kini di tangan Firman, Chelsi bisa ngekek atau berbunyi 1 sampai 2 menit dengan gaya semi nyeklak. Diakui, durasi itu bertambah karena Chelsi kerap disandingkan dengan lawan-lawan berdurasi cukup panjang juga di arena lomba.

"Kalau burung tua masih bisa dimasterin juga. Tapi harus di gantangan ketemu lawan yang durasinya panjang juga. Nggak bisa pakai alat elektronik kayak balibu (sebutan untuk burung lovebird di bawah usia 5 bulan)," tutup Firman.

Berikut rekaman suara lovebird Chelsi yang berhasil direkam Trubus.id belum lama ini.

 

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          

Tukang Tidur, Ini 7 Hewan Termalas di Dunia

Ayu Setyowati   Pet & Animal
Bagikan:          
Bagikan: