Cara Merawat Lovebird, Burung Cinta yang Jago Berkicau Panjang

TrubusLife
Ayu Setyowati | Followers 0
08 Okt 2018   12:31

Komentar
Cara Merawat Lovebird, Burung Cinta yang Jago Berkicau Panjang

Lovebird. (Trubus.id/ Hadi)

Trubus.id -- Tak hanya bentuk dan warna bulunya yang cantik dan sangat bervarian, lovebird juga memiliki suara merdu dan nyaring. Tak heran jika lovebird dibandrol dengan harga relatif tinggi. Hal ini tidak terlepas dari cara merawat lovebird, terutama yang diprospek sebagai burung untuk lomba.

Lovebird alias burung cinta adalah satu burung dari sembilan jenis spesies genus Agapornis. Menurut Bahasa Yunani, agape berarti cinta dan ornis artinya burung. Burung berukuran kecil antara 13 sampai 17 sentimeter dengan berat 40 hingga 60 gram ini bersifat sosial. Delapan dari spesiesnya berasal dari Afrika, yang konon paling banyak dicari orang terutama di kalangan pehobi.

Nama lovebird berasal dari kelakuan yang umum diamati bahwa sepasang lovebird akan duduk berdekatan dan saling menyayangi satu sama lain. Sifat pasangan burung ini adalah monogami di alam bebas dengan umur hidup rata-rata 10 sampai 15 tahun. Berikut cara merawat burung lovebird yang dapat dilakukan dengan mudah di rumah.

Baca Lainnya : Warna-warni Lovebird, Mana Kesukaanmu?

Perawatan Kandang Burung Lovebird

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah pemilihan kandang. Pilihlah kandang yang cukup luas, mudah dibuka dari luar dan gampang dibersihkan. Pastikan kandang tidak terbuat dari bahan yang bisa melukai burung dengan tempat pakan dan minum yang ergonomis dan mudah dijangkau oleh burung.

Tak jauh berbeda dari perawatan burung lain, faktor kebersihan merupakan yang paling utama. Sarang burung yang tidak bersih akan mengganggu kesehatan lovebird yang rentan terhadap penyakit seperti penyakit mata atau snot.

Foto: Trubus.id/ Hadi.

Bersihkan kandang secara rutin, mulai dari kebersihan alas untuk menampung kotoran dan sisa sisa makanan burung. Pilihlah kandang dengan alas yang mudah dibersihkan agar tak menimbulkan banyak gangguan sehingga burung tidak stres.

Pakan Burung Lovebird

Pemberian pakan tidak boleh diberikan secara asal. Harus bervariasi, khususnya jika lovebird masih muda. Beberapa jenis pakan terbaik yang bisa diberikan untuk lovebird diantaranya kuaci, milet putih, milet merah, pelet, biji bunga matahari, biji sawi, canary seed dan hemp seed.

Pakan lovebird bisa diberikan setiap hari secara bergantian. Tambahkan juga buah dan sayur setiap 2 kali seminggu agar kemampuan berkicau lovebird semakin bagus. Jenis sayuran yang bisa diberikan di antaranya adalah taoge, jagung muda dan kangkung, terutama pada masa kawin.

Jika pakan anakan lovebird sulit ditemukan, gunakan pakan alternatif seperti bubur bayi instan yang dicampur air hangat. Untuk menjaga kesehatan bisa diberikan multivitamin mengandung vitamin A, B, C, D, E dan juga K agar burung juga bisa berkicau dengan baik.

Baca Lainnya : 6 Fakta Menarik Burung LoveBird yang Bulunya Hijau

Perhatikan Letak dan Pencahayaan Kandang

Posisi kandang burung juga harus diperhatikan. Usahakan untuk meletakkan kandang di tempat yang cukup tenang dengan pencahayaan cukup. Hindari tempat yang gelap karena akan membuat lovebird bertingkah aneh dan mengganggu kesehatannya. Sebaliknya, jangan terlalu banyak paparan sinar matahari secara langsung. Namun, pastikan ada waktu tertentu untuk si lovebird ini berjemur, sekitar jam 8 hingga 10 pagi.

Memandikan Burung Lovebird

Lovebird harus secara teratur dimandikan hingga seluruh bulunya basah kuyup agar stamina burung tetap terjaga dengan baik dan rajin berkicau dengan panjang. Cara memandikan lovebird bisa dilakukan dengan cara berikut ini  dibawah ini.

  • Mandikan pada pagi hari sekitar jam 7. Semprot burung perlahan hingga basah memakai sprayer. Bisa juga menggunakan keramba asalkan basah kuyup.
  • Saat mandi, burung bisa dipegang sambil diusap secara lembut memakai air.
  • Lanjutkan dengan menjemur burung sampai jam 10 dan angin-anginkan sekitar 10 menit.
  • Semprot kembali lovebird hingga basah kuyup dan jemur kembali sampai jam 12.
  • Sesudah dijemur, lanjutkan dengan menggantang burung di tempat teduh. [DF]

 

 
 

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          

Tukang Tidur, Ini 7 Hewan Termalas di Dunia

Ayu Setyowati   Pet & Animal
Bagikan:          
Bagikan: