Ide Cerdas Sri Mulyani dalam Menjaga Kelestarian Ekosistem Laut

TrubusLife
Diah Fauziah | Followers 0
07 Okt 2018   16:00

Komentar
Ide Cerdas Sri Mulyani dalam Menjaga Kelestarian Ekosistem Laut

Terumbu karang. (Pixabay/ skeeze)

Trubus.id -- Demi menjaga ekosistem laut, Sri Mulyani mengatakan rencananya untuk membuat asuransi terumbu karang. Hal itu diungkapkan saat ia dan petinggi International Monetary Fund (IMF), World Bank, Gubernur Bank Indonesia dan Menteri Koordinator Maritim melakukan penanaman terumbu karang di Nusa Dua, Bali, Minggu (7/10) pagi.

"Kita ketahui bersama, populasi terumbu karang di Indonesia merupakan yang terbesar di dunia. Dan, banyak sekali aktivitas di laut yang bisa merusak terumbu karang. Maka dari itu, saya berpikir untuk membuat asuransi untuk terumbu karang," kata Sri Mulyani.

Baca Lainnya : Tanam Terumbu Karang Jadi Bukti IMF Jaga Lingkungan

Oleh karena itu, Sri akan mengusulkan agar ekosistem terumbu karang di Indonesia bisa menjadi aset dunia. Dengan begitu, diharapkan semua masyarakat menjadi lebih peduli untuk menjaga lingkungan di bawah laut agar terumbu karang tidak rusak.

"Akan didiskusikan sebagai asuransi terhadap aset dunia karena terumbu karang ini bukan saja milik Indonesia. Kita harus mulai memikirkan mengubah perilaku dan gaya hidup untuk tidak memperburuk keadaan terumbu karang tersebut," terangnya.

Baca Lainnya : Tuan Rumah Konferensi Laut Dunia, Indonesia Fokus Pengelolaan Terumbu Karang

Sementara itu, Luhut Binsar Pandjaitan, mengajak semua pengusaha untuk mulai melakukan investiasi laut, tidak sekadar di wilayah berbasis lahan.

"Ramai dibicarakan saat ini ialah bagaimana pemerintah dan masyarakat dapat mengalihkan risiko ke pihak ketiga untuk melindungi lingkungan laut. Yang artinya, mengasuransikan wilayah laut, apalagi 95 persen lautan dunia belum dieksplorasi," kata Luhut. [DF]
 

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: