5 Alternatif Pengganti Susu Hewan yang Penuh Khasiat

TrubusLife
Ayu Setyowati | Followers 0
06 Okt 2018   11:00

Komentar
5 Alternatif Pengganti Susu Hewan yang Penuh Khasiat

susu almond, salah satu alternatif pengganti susu sapi yang bebas kolesterol (The Spruce Eats)

Trubus.id -- Minuman kaya nutrisi seperti susu selalu dikaitkan dengan kesehatan. Tetapi sumber susu yang selama ini lebih dikenal adalah yang berasal dari sapi, kambing atau domba. Sayangnya, ada beberapa orang yang mengalami laktosa intoleran akibat tidak tahan terhadap aroma maupun rasa dari susu hewani sehingga kehilangan kemampuan untuk mencerna laktosa.

Jika ingin mendapat manfaat protein dari susu selain yang berasal dari hewan, berikut 5 alternatif pengganti susu hewan.

1. Susu Kedelai

Susu kedelai secara alami bebas lemak. Dalam 100 ml susu kedelai tawar hanya terkandung sekitar 54 kalori. Susu ini juga mengandung protein kedelai yang bisa menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik.

2. Susu Beras

Susu beras merupakan susu alami yang memiliki sifat hipoalargenik dan bebas dari kedelai, gluten dan kacang. Susu ini juga mengandung karbohidrat dan rendah protein jika dibandingkan dengan susu sapi.

Baca Lainnya: Senja di Berastagi, Nikmati Segarnya Susu Pasteurisasi

 3. Santan 

Santan merupakan alternatif yang paling mirip dengan susu sapi dalam hal tekstur dan warna. Santan mengandung banyak lemak, di mana dalam satu cangkir santan terkandung 5 gram lemak jenuh. Santai juga bisa dipakai untuk penyedap masakan dan pembuatan kue sebagai pengganti susu sapi.

4. Susu Almond

Susu ini memiliki protein lebih sedikit dibandingkan dengan susu kedelai. Namun teksturnya agak sedikit creamy tapi lebih ringan sehingga bisa dipakai untuk memasak atau membuat kue. Dalam satu cangkir susu almond terkandung 60 kalori. Kandungan utamanya adalah Vitamin E. Susu ini juga bebas kolesterol dan lemak jenuh.

Baca Lainnya: Peternak Tidak Kejar Kualitas, Harga Susu Sapi di Salatiga jadi Tidak Pantas

5. Susu Biji Rami

Susu biji rami memiliki kandungan nutrisi yang lebih besar dari susu sapi. Dalam setiap satu cangkir susu biji rami terkandung 100 kalori dan 400 miligram kalsium. Susu biji rami juga tidak mengandung kolesterol dan banyak mengandung asam lemak omega 3 sehingga aman dikonsumsi penderita kolesterol. Susu ini juga bisa jadi alternatif bagi orang yang alergi kedelai, gluten, atau kacang-kacangan. [KW/SN]


 

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          

Buruk, Dampak Makanan Organik pada Perubahan Iklim

Karmin Winarta   Health & Beauty
Bagikan:          
Bagikan: