Kanker Prostat, Penyebab Rudy Wowor Meninggal Dunia

TrubusLife
Diah Fauziah | Followers 0
05 Okt 2018   14:30

Komentar
Kanker Prostat, Penyebab Rudy Wowor Meninggal Dunia

Rudy Wowor. (Tabloid Bintang)

Trubus.id -- Rudolf Canesius Soemolang Wowor, akrab disapa Rudy Wowor, meninggal dunia pada Jumat (5/10) di usia 74 tahun. Sebelum meninggal dunia, Rudy sempat dirawat di Rumah Sakit Meilia Cibubur, Jakarta Timur karena kanker prostat yang diidapnya sejak tahun 2010.

"Papah meninggal karena kanker prostat," kata Michael Wowor, anak Rudy.

Tahun lalu, Rudy sempat dirawat inap di Rumah Sakit Polri Kramat Jati, Jakarta Timur, selama dua minggu.

Baca Lainnya : Paraben, Kandungan Berbahaya dalam Kosmetik Bisa Sebabkan Kanker?

"Sebelum meninggal, papah sempat menjalani rawat jalan di Rumah Sakit Meilia. Di rumah, papah dirawat suster," ucap Michael.

Menurut WHO, kanker prostat menjadi penyebab kematian terbesar kedua bagi pria di seluruh dunia. Diperkirakan ada 1,1 juta mengidap kanker prostat. Kanker prostat daerah prostat di bawah kandung kemih.

Umumnya, penyebaran kanker prostat cenderung lambat lantaran tidak menimbulkan efek serius. Namun, terdapat jenis kanker prostat yang menyebar cepat dan bisa mengakibatkan kematian.

Baca Lainnya : Deteksi Dini Kanker dengan Tes Urine, Kenapa Tidak?

Tahap awal, kanker prostat tidak menunjukkan gejala khas sehingga tidak terdeteksi. Tahapan selanjutnya yang dialami pasien ialah kesulitan buang air kecil, terdapat darah di mani, rasa tidak nyaman di daerah panggul hingga disfungsi ereksi.

Hingga saat ini, penyebab kanker prostat belum diketahui dengan pasti. Namun, ada beberapa faktor yang mungkin meningkatkan risiko kanker prostat seperti usia lanjut hingga gaya hidup yang tidak sehat. [DF]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: