Perlu Tahu, Beberapa Istilah dalam Bedah Kosmetik

TrubusLife
Ayu Setyowati | Followers 0
03 Okt 2018   20:30

Komentar
Perlu Tahu, Beberapa Istilah dalam Bedah Kosmetik

Ilustrasi bedah kosmetik. (medical xpress)

Trubus.id -- Sudah tahu bedanya operasi plastik dan bedah kosmetik, kan? Yang sering Trubus Mania dengar di kalangan selebritas biasanya bedah kosmetik alias cosmetic surgery, prosedur lazim yang biasa dilakukan secara berkala. Sebelum tahu efek sampingnya, tak ada salahnya kita tahu lebih banyak tentang operasi yang bisa memakan biaya ratusan juta ini. Pantas, Ratna Sarumpaet mengeluarkan uang hingga Rp90 juta untuk suntik sedot lemak pipi kiri di sebuah klinik kecantikan, September 2018.

Apa Itu Bedah Kosmetik?

Bedah kosmetik merupakan bagian dari bedah plastik. Kata plastiknya sendiri tak berhubungan dengan plastik sebagai salah satu material, tapi diambil dari Bahasa Yunani yang artinya membentuk (to mold). Ilmu bedah plastik berasal dari India, dipopulerkan oleh Gentleman’s Magazine pada tahun 1794. Sebetulnya, inti dari bedah plastik adalah memasukkan zat kimia seperti kolagen atau silikon ke bagian tubuh yang ingin diubah, menyedot lemak dan membuang kulit berlebih.

Bedanya dengan bedah plastik, bedah kosmetik lebih ditujukan untuk nilai estetis daripada fungsinya. Walaupun untuk kecantikan, bedah kosmetik tetap tak bisa dianggap enteng karena risikonya juga besar. Dokter yang boleh melakukan prakteknya harus sudah memegang gelar SP.B.P (Spesialis Bedah Plastik) dan punya sertifikat khusus.

Penasaran operasi apa saja yang biasa dilakukan dokter bedah kosmetik untuk mengubah wajah si pasien dan apa saja tipe-tipenya? Simak ulasannya berikut ini.

BLEPHAROPLASTY

Lebih dikenal dengan eyelid surgery, operasi pembentukan mata. Salah satunya membuat lipatan atau kelopak mata. Biasanya, prosedur dilakukan dengan membuang tumpukan lemak dan kulit yang berlebih. Setelah itu baru dibuat lipatan. Operasi ini bisa digunakan untuk menghilangkan kantung mata dan kerutan di sudut mata. Biasanya, efek yang bakal dirasakan sesaat setelah operasi adalah mata bengkak dan no TV for couples of days.

FACELIFT

Dari namanya, pasti sudah terbayang kalau operasi ini bakal menarik kulit muka untuk menghilangkan segala kerutan. Tarikan biasanya berpusat pada garis rambut, di mana kulit yang berlebih akan dibuang. Tapi, tak semua orang berumur bakal keliatan lebih menarik dengan operasi yang satu ini. Facelift akan terlihat bagus jika orang yang melakukannya memiliki kulit muka yang tipis dan bentuk tulang wajah bagus. Memang, sekarang sudah ada botox berbentuk serum yang disuntikkan ke bagian wajah berkerut.

RHINOPLASTY

Prosedur yang satu rasanya paling banyak dilakukan orang. Mengubah hidung pesek jadi mancung, memperbaiki bentuk hidung yang bengkok atau terlalu panjang atau memperkecil hidung yang kurang proporsional. Selain untuk kecantikan, rhinoplasty juga dilakukan untuk memperbaiki jalan pernafasan yang terhambat.

CHICK AUGMENTATION

Bagi sebagian orang, tulang pipi yang tinggi punya nilai tersendiri dalam kamus kecantikan. Untuk menambah tinggi tulang pipi tersebut, biasanya dokter bedah plastik memasukkan silikon lewat rongga mulut. Prosedur ini lumayan berisiko karena mulut mengandung banyak bakteri. Pipi yang gemuk atau sedikit chubby juga bisa dihilangkan dengan menyedot lemak di pipi dan mengencangkan ototnya.

MENTOPLASTY

Dagu belah, bak sarang lebah dan yang lebih proporsional merupakan hasil dari operasi mentoplasty. Operasi memajukan dagu dengan menambah bantalan silikon atau tulang rawan. Untuk memundurkan dagu, dilakukan dengan memotong kelebihan tulang dan menyambungnya lagi. Maka dari itu, operasi ini tak hanya ditangani oleh dokter bedah plastik tapi juga dokter bedah gigi dan mulut untuk memastikan struktur gigi tetap pada tempatnya.

LIP ENHANCEMENT

Bibir merupakan bagian wajah yang banyak diubah oleh para selebriti dunia. Ada yang menipiskan dengan cara menyedot lemak di bibir, ada juga yang menebalkan dengan menambahkan silikon atau kolagen cair. Yang terbaru dengan perawatan filler.

Masih banyak jenis bedah kosmetik lain seperti tummy tuck (memperbaiki bentuk abdomen atau perut), liposuction (penyedotan lemak di bagian tubuh tertentu), breast augmentation, otoplasty (mengubah bentuk daun telinga) dan lain-lain.

Efek Samping

Jadi lebih cantik secara instan, semua orang pasti mau. Sayangnya, bukan cuma uang yang harus dibayarkan saat seseorang melakukan bedah kosmetik, melainkan risiko menanggung bentuk yang tidak sesuai harapan. Setiap pasien punya risiko ketagihan dan berakhir dengan muka aneh, seperti yang terjadi dengan Ratna Sarumpaet. [DF]
 
 

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Slank Diangkat Jadi Duta Tanaman Kelor NTT

Karmin Winarta   Selebrity
Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: