5 Gempa Megathrust Terdahsyat Abad Ini

TrubusLife
Ayu Setyowati | Followers 0
03 Okt 2018   13:00

Komentar
5 Gempa Megathrust Terdahsyat Abad Ini

Gempa Valdivia di Chili memiliki kekuatan 9,5 Magnitudo (santiago times)

Trubus.id -- Menurut penelitian, diperkirakan ada 500 ribu gempa yang terjadi setiap tahun. Sekitar 100 ribu di antaranya bisa dirasakan manusia, di mana 80 persen dari gempa bumi terbesar di dunia, terjadi di sepanjang Ring of Fire.

Sejumlah gempa berkekuatan sangat besar, rata-rata disusul tsunami, menimbulkan kerusakan parah meski ada juga yang tanpa korban jiwa. Berikut 5 gempa paling kuat sepanjang sejarah dunia yang tercatat oleh instrumen buatan manusia, berdasarkan situs USGS.

Gempa Valdivia, Chili, M=9,5

Sejarah mencatat, gempa bermagnitudo 9,5 yang mengakibatkan tsunami dan memporak-porandakan Bio-bio, Chili, pada 22 Mei 1960 merupakan yang terkuat dalam sejarah, meski bukan yang terburuk. Diperkirakan, lebih dari 5.700 orang Chili dan 61 warga Hawaii tewas dalam bencana alam ini. Kerusakan juga menyebar hingga ke Hawaii, Jepang, Filipina, Selandia Baru timur, Australia tenggara dan Kepulauan Aleut di Alaska.

Gelombang tsunami dengan cepat melintasi Samudera Pasifik dan menghancurkan kawasan Hilo, Hawaii. Ombak setinggi 10,7 meter tercatat 10.000 kilometer dari pusat gempa, sejauh Jepang dan Filipina.

Baca Lainnya : Peneliti LIPI Minta Semua Pihak Jangan Asal Bicara Soal Gempa

Gempa Prince William Sound, Alaska, M=9,2

Selama ini, publik menganggap California dan Hawaii sebagai negara bagian yang paling rawan gempa bumi di Amerika Serikat. Namun, bencana gempa dahsyat sepanjang sejarah Amerika Serikat dan bahkan Amerika Utara, justru terjadi di Alaska, dengan magnitudo 9,2.

Terjadi pada Maret 1964 silam, gempa tersebut memicu tsunami besar, tanah longsor di banyak titik, kerusakan cukup parah hingga sebagian Kanada dan Hawaii serta membuat sengsara ribuan orang. Gempa yang terjadi mulai pukul 05.36 pagi, bertepatan dengan hari Jumat Agung itu berpusat sekitar 120 kilometer di sebelah timur Kota Anchorage, tepatnya di kawasan Prince William Sound, menewaskan total 131 orang. Dari seluruh korban tewas, sebagian besar diakibatkan bencana tsunami, bukan gempa terkait.

Gempa Aceh (Indian Ocean), Lepas Pantai Barat Sumatra Utara, M=9,1

Foto: earth magazine.

Pada 26 Desember 2004, gempa berkekuatan 9,1 menghantam Aceh dan menyebabkan tsunami hingga Somalia, Afrika Timur. Ombak yang menyapu beberapa negara di sekitar Samudera Hindia menewaskan lebih dari 280.000 jiwa di 14 negara. Peristiwa ini dianggap sebagai salah satu bencana alam terparah dalam sejarah kehidupan manusia. Menurut US Geological Survey (USGS), gempa Aceh melepaskan energi setara dengan 23.000 bom atom yang dijatuhkan di Hiroshima, Jepang.

Gempa Tohoku, Jepang, M=9,1

Pada 11 Maret 2011, Jepang dilanda gempa bermagnitudo 9,1 yang menciptakan gelombang tsunami tinggi di sepanjang pantai timur laut Jepang. Sekitar 19.000 orang tewas atau hilang karena tersapu banjir dengan kecepatan seperti pesawat jet.

Baca Lainnya : Dalam Satu Jam, Sumba Timur Diguncang Gempa Tektonik Empat Kali

Gempa terbesar yang pernah melanda Jepang dalam 1.200 tahun terakhir ini menyebabkan reaktor terendam air di PLTN Fukushima Daiichi. Memicu kebocoran reaktor terparah setelah bencana kecelakaan nuklir Chernobyl pada 1986.

Gempa Kamchatka, Rusia, M=9,0

Tiga gempa bumi yang terjadi di lepas pantai Semenanjung Kamchatka di timur Rusia dan Uni Soviet pada 1737, 1923 dan 1952 merupakan gempa bumi megathrust yang disusul oleh gelombang tsunami setinggi 13 meter. Tidak ada korban jiwa akibat kejadian ini. Tetapi, wilayah Hawaii menjadi daerah terdampak gelombang yang mengalami kerusakan parah. [DF/SN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: