Tokoh Dunia dan Selebritas dengan Motif Batik Favoritnya

TrubusLife
Ayu Setyowati | Followers 0
02 Okt 2018   15:00

Komentar
Tokoh Dunia dan Selebritas dengan Motif Batik Favoritnya

Sehun, personil EXO, saat mengenakan batik dengan motif parang. (Pinterest)

Trubus.id -- Kain batik Indonesia telah dikenal dan dipuja oleh masyarakat mancanegara. Bukan hanya dari kalangan petinggi negara atau politikus, mereka yang bekerja di industri hiburan juga menyukai kain tradisional Indonesia ini.

Motifnya yang kompleks dan sarat makna filosofis, pengerjaannya yang sangat detail dan mengangkat budaya lokal, membuat kain batik semakin diburu banyak kalangan. Jika Trubus Mania punya motif batik favorit, para pesohor ini pun demikian.

Sehun ‘EXO’ dan Batik Motif Parang

Oppa yang satu ini tahu cara merebut perhatian penggemarnya. Mengutip Sociolla, pada acara musik Inkigayo akhir Juli lalu, Sehun mengenakan batik motif parang kokobap. Mengingat makna motif parang yang berarti keberanian dan harapan untuk memenangkan pertarungan atau bisa juga diartikan sebagai simbol keberuntungan, bisa jadi Sehun sudah tahu mengenai filosofi mendalam dari kemeja yang dia kenakan.

Bill Gates dan Batik Motif Pisang Bali Manggar

Foto: Istimewa

Kedatangan petinggi Microsoft ini pada tahun 2008 lalu juga mencuri perhatian masyarakat Indonesia. Bill Gates mengenakan batik khusus dengan motif pisang bali manggar. Dulunya, motif ini biasa dikenakan oleh orang-orang keraton di Solo, Jawa Tengah. Motif ini bermakna kesetiaan yang terus berulang-ulang; dulu-sekarang-selamanya. Diharapkan, pemimpin yang mengenakan motif ini dapat bekerja dengan tulus, tegas dan memberikan teladan.

Barack Obama dan Batik Bali

Mantan orang nomor satu Amerika Serikat ini juga mengaku bangga mengenakan batik. Kecintaan Obama terhadap batik ditularkan oleh sang ibu yang juga banyak mengoleksi baju batik asli Indonesia. Ketika menghadiri acara East Asia Summit Indonesia 2011 di Nusa Dua, Bali, Obama mengenakan batik asli desain Bali. Selain itu, dalam KTT di Cambodia, Obama sempat menarik perhatian karena mengenakan kemeja batik bermotif lurik hijau dan corak cokelat.

Reese Witherspoon dan Batik Modern

Perempuan berusia 42 tahun ini kelihatan ceria dengan motif batik modern dengan desain pakaian yang juga modern. Gaya Reese yang stylish ini menjauhkan kesan tua pada kain batik. Semakin hari, kain batik kian beragam. Tak hanya batik dengan motif yang penuh makna, kini sudah banyak motif atau desain batik yang lebih dinamis, menggambarkan kalau penggunanya juga dinamis.

Happy Salma dan Batik Mega Mendung

Foto: Kompas.

Memiliki concern pada salah satu warisan budaya Indonesia yang satu ini, Happy Salma sengaja belajar dan terus menggali pengetahuan tentang batik. Dari sekian banyak motif batik yang ada, perempuan berusia 38 tahun in menyukai batik bermotif mega mendung. Istilah mendung diartikan dalam kehidupan manusia sebagai sifat tak mudah marah.

"Jadi, filosofi batik mega mendung sendiri ialah jangan pernah mudah marah atau mudah panasan," tutur Happy, mengenai makna motif batik favoritnya.

Well, Trubus Mania sendiri, apa motif batik favorit kalian? [DF] 


 

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: