Pentingnya Ruang Terbuka Hijau di Sekitar Kita

TrubusLife
Karmin Winarta | Followers 0
27 Sep 2017   13:30

Komentar
Pentingnya Ruang Terbuka Hijau di Sekitar Kita

Salah satu sudut Wisma Hijau yang asri (Foto: Istimewa)

Trubus.id -- Istilah RTH mungkin memang belum akrab di telinga banyak orang. RTH (Ruang terbuka hijau) adalah area yang penggunaannya terbuka, tempat tumbuh tanaman, baik yang tumbuh secara alami ataupun sengaja ditanam.

Menurut UU No. 26 th 2007, 30% wilayah kota harus berupa RTH.

RTH berfungsi sebagai resapan air, paru-paru kota, penyerap polutan, menambah kenyamanan, dan meningkatkan nilai estetika. Namun tampaknya masih banyak yang belum mempertimbangkan RTH ini saat akan membangun gedung atau rumah.

Wisma Hijau yang luasnya 10,3 hektar ini memiliki sepertiga bagian yang merupakan RTH yang ditanami berbagai jenis tanaman. Hal ini menjadikan Wisma Hijau terasa sejuk dan asri di tengah perkotaan.

Ruang Terbuka Hijau di lokasi Wisma Hijau yang berada di Cimanggis ini, biasa dimanfaatkan sebagai ruang diskusi, mini-games, garden party untuk ulang tahun dan pernikahan, pameran, dan tentunya sebagai space untuk foto bersama dengan latar belakang hijaunya rerumputan dan pohon.

Banyak warga di sekitar Jabodetabek yang memilih melakukan resepsi pernikahan di Wisma Hijau yang lebih dekat dengan alam untuk mengabadikan momen sakralnya. Di Wisma Hijau juga menyediakan ruang untuk pelatihan-pelatihan dan lainnya.

RTH di Wisma Hijau sampai saat ini sudah ditanami berbagai jenis tanaman hias, tanaman buah, dan juga tanaman obat. Selain itu, di beberapa gedung, Wisma Hijau juga membuat vertical garden, yang juga berfungsi sebagai tirai alam yang menyejukkan dan indah dipandang.

Yuk mulai sediakan RTH mulai dari halaman rumah kita!  (Maya/KW)

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan: