10 Menit Olahraga Bisa Tingkatkan Fungsi Otak

TrubusLife
Ayu Setyowati | Followers 0
29 Sep 2018   06:00

Komentar
10 Menit Olahraga Bisa Tingkatkan Fungsi Otak

Ilustrasi yoga ringan. (Health Line)

Trubus.id -- Tak ada alasan lagi tak punya waktu untuk berolahraga. Jangankan 30 menit, olahraga dalam waktu 10 menit saja sudah berdampak besar bagi kebugaran tubuh dan fungsi otak. Menurut tim peneliti dari Universitas California Irvine (UCI) dan University Tsukuba, Jepang, olahraga singkat juga bisa meningkatkan komunikasi di antara berbagai bagian otak sehingga bisa meningkatkan fungsi memori.

Penelitian dilakukan dengan mempelajari aktivitas otak 36 orang dewasa muda setelah melakukan 10 menit olahraga ringan, seperti berjalan lambat, yoga atau taichi. Kemudian setelah itu mereka diminta melakukan tes ingatan.

Baca Lainnya : WHO: 1,4 Miliar Orang Berisiko Penyakit Mematikan Akibat Kurang Olahraga

Hasilnya, latihan olahraga itu secara signifikan meningkatkan komunikasi saraf antara bagian otak yang menyimpan ingatan dan daerah korteks otak yang membantu mengingat memori dengan jelas.

Ketua peneliti Michael Yassa mengatakan bahwa olahraga singkat ini diharapkan bisa mendorong banyak orang untuk memulai hidup sehat dengan cara yang mudah.

Baca Lainnya : Susah Tidur dan Gampang Sakit, Mungkin Kamu Kurang Olahraga

Bukan berarti kita tak boleh berolearaga dengan durasi yang lebih lama. Jika punya waktu luang, manfaatkanlah untuk melakukan olahraga. Tapi, jika sedang sibuk, lakukan hal sederhana seperti naik tangga saat berada di kantor atau berjalan kaki selama 10 menit setelah makan siang tetap punya manfaat besar.

Kita juga bisa melakukan latihan interval tinggi yang terbukti mampu membakar banyak kalori walau dilakukan secara singkat.

Selamat mencoba! [RN]

 

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          

Minuman Bubble Tea Tak Menyehatkan, Ini Faktanya

Astri Sofyanti   Health & Beauty
Bagikan:          
Bagikan: