Sungai Tercemar Memicu Tingginya Kematian Janin

TrubusLife
| Followers 0
26 Sep 2017   20:00

Komentar
Sungai Tercemar Memicu Tingginya Kematian Janin

Sungai tercemar memicu peningkatan kematian janin. (Foto: Istimewa)

Trubus.id -- Sungai yang tercemar di wilayah Flint, Michigan, Amerika Serikat memicu tingginya kematian janin atau jumlah kelahiran yang lebih sedikit.

Diperkirakan jumlah kelahiran berkurang karena masyarakat menggunakan air yang terkontaminasi timbal dari Sungai Flint. Hal ini dinyatakan oleh peneliti dari West Virginia University dan University of Kansas.

Daniel Grossman selaku asisten profesor ekonomi di West Virginia University mengungkapkan, “Kami telah membandingkan tingkat kesuburan ibu hamil di Flint dan kota besar lain di Michigan. Kami melihat perubahan kualitas sungai menyebabkan kesuburan ibu hamil berkurang secara signifikan di Flint. Kami juga mengeksplor tingkat kematian janin di Flint yang meningkat 58 persen mengikuti perubahan kualitas air.”

Penemuan ini hanya menjelaskan sebagian kecil dari keseluruhan perubahan tingkat kesuburan dan menurut peneliti tercemarnya Sungai Flint menyebabkan peningkatan keguguran. Sungai Flint tercemar timbal karena wilayah ini merupakan sektor manufaktur mobil legendaris. Sebagian masyarakat pernah mengalami keracunan timbal pada Bulan April 2014 lalu.

Peneliti mulai membandingkan catatan kelahiran dan kematian janin di Flint sejak tahun 2014. Data yang ada menunjukkan tingkat kesuburan ibu hamil menurun 12 persen dan kematian janin meningkat 58 persen. Kesehatan anak yang baru lahir juga cenderung menurun dibanding anak-anak dari kota di Michigan lainnya.

“Hasilnya menunjukkan warga Kota Flint cenderung tidak mengandung anak atau memang banyak mengalami keguguran,” kata Daniel. Secara keseluruhan, jumlah kelahiran di Kota Flint lebih sedikit 275 anak sejak sungai mulai tercemar timbal. [WO]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: